Home / Medan / Disdukcapil Harus Antisipasi Data Bodong
Ilustrasi (WOL Photo)

Disdukcapil Harus Antisipasi Data Bodong

MEDAN, WOL – Sekretaris Komisi A DPRD Medan, Zulkarnain Yusuf Nasution, meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, mengawal proses pemberkasan warga yang hendak mendapatkan KTP elektronik.

Pasalnya, proses kepengurusan identitas berbasis elektronik tersebut rentan dengan penyalahgunaan, seperti yang terungkap di Provinsi DKI Jakarta belum lama ini.

“Inikan persoalannya dengan dokumen negara. Jadi apapun ceritanya harus legal (resmi) dan akurat. Temuan di Provinsi DKI Jakarta harus menjadi pelajaran bagi pemerintah di daerah khususnya Kota Medan,” ungkapnya kepada Waspada Online, Rabu (14/3).

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu beredar di jejaring media sosial foto warga negara Tiongkok atas nama Huang Hui, kelahiran Fujian, 22 Oktober 1975. Di mana orang yang sama memiliki KTP DKI dengan nomor 36710922107500008 tertulis nama Huang Hui kelahiran Jakarta, alamat di Rukan Exclusive Blok A nomor 52 BGM PIK, RT 006/005 Muara Kamal.

Memang, sebut Zulkarnain, sistem komputerisasi yang diterapkan pemerintah sulit untuk dimanipulasi. Akan tetapi yang perlu diwaspadai adalah pendukung datanya yang tidak benar.

“Kita meminta oknum yang mengurus pemberkasan identitas di level bawah (kepling dan kelurahan) tidak ‘bermain’. Karena sekali saja bermasalah, maka dampaknya sangat riskan dan berbuntut panjang. Sekali lagi, ini persoalan dokumen negara,” tegasnya.

“Tugas pemerintah pusat maupun daerah adalah melayani masyarakatnya. Jangan sampai pelayanan tersebut lebih dominan kepada warga negara asing yang hendak mencari peruntungan di Indonesia, terlebih lagi Kota Medan. Kami akan pantau jika itu terjadi,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Plt Sekdaprovsu Tingkatkan Komptensi Administrator Kelola Data

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: