Home / Medan / Dinkes Medan Belum Bayar Uang Klaim 8 RSU Senilai Miliaran Rupiah
WOL Photo

Dinkes Medan Belum Bayar Uang Klaim 8 RSU Senilai Miliaran Rupiah

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah Rumah Sakit Umum (RSU) khususnya yang menerima pasien tak memiliki adminstrasi kependudukan (unregister) mengeluh. Pasalnya, hingga kini klaim pembayaran untuk penanganan pasien unregister tersebut belum dicairkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan.

Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi B DPRD Medan, dengan 8 RSU di Medan penerima pasien unregister yang digelar di ruang Banggar DPRD Medan, Kamis (6/9).

Diketahui, untuk di Medan RSU penerima pasien unregister yakni RSU dr Pirngadi, RSU Delima, RSU Bunda Thamrin, RSU Mitra Medika, RSU Imelda, RSU Bhayangkara, RSU Bina Kasih serta RSU Royal Prima.

Dari pernyataan perwakilan rumah sakit yang menerima pasien unregister tersebut, diketahui sejak 2016 mereka belum dapat mencairkan pembayaran atas penanganan pasien unregister. Angka pencairan tersebut mencapai miliaran rupiah dengan angka pembayaran variasi untuk setiap rumah sakit.

Dari data yang disampaikan oleh RS Pirngadi yang disampaikan Kabid SDM RSU Pirngadi, Syamsul Nasution, menyebutkan bahwa jumlah klaim yang belum dibayarkan untuk penanganan pasien unregister pada 2016 mencapai Rp700-an juta. Sedangkan di tahun 2017 mencapai Rp400 juta lebih.

“Jadi total yang belum dicairkan mencapai Rp1 miliar lebihlah Pak,” katanya kepada pimpinan RDP, Rajuddin Sagala.

Berbeda dengan RSU Pirngadi, Direktur RSU Delima, dr Desi Samosir, menyebutkan bahwa jumlah klaim terhadap penanganan pasien unregister berjumlah Rp85 juta. Ketika ditanya Rajuddin terkait kendala lamanya pencairan klaim tersebut, perwakilan RSU Pirngadi dan RSU Delima serentak menyebutkan bahwa alasan Dinkes kepada mereka adalah menunggu Peraturan Wali Kota (Perwal) untuk pencairan tersebut.

“Belum adanya pencairan itu, alasannya menunggu Perwal,” jawabnya.

Mendengar itu, Rajuddin Sagala pun terkejut belum terbayarnya klaim untuk penanganan pasien unregister di Medan. Mengingat, DPRD Medan telah menganggarkan Rp5 miliar yang ditampung di APBD Medan untuk penanganan pasien unregister di Medan.

“Inikan jadi tanda tanya. Uang ada dan telah dianggarkan. Jadi, kenapa kok tak dibayarkan oleh Dinkes Medan,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Perlancar Distribusi LPG 3Kg, DPRD Bentuk Perda

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk memastikan kelancaran pendistribusian tabung gas 3 Kilogram (Kg) bersubsidi tak terkendala ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: