Home / Fokus Redaksi / Dinas PU Medan Andal Dalam Pembangunan Tapi Gagal Pemeliharaan
Anggota DPRD Medan, Godfried Effendi Lubis. (WOL Photo/M. Rizki)

Dinas PU Medan Andal Dalam Pembangunan Tapi Gagal Pemeliharaan

MEDAN, WOL – Anggota Komisi D DPRD Medan, Godfried Effendi Lubis, menyarankan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, untuk berpikir jernih melayani warganya. Jika tahun sebelumnya fokus Pemko Medan untuk pembangunan infrastruktur jalan, maka tahun ini polanya diubah.

Artinya, jika anggaran Dinas PU tahun 2017 sebanyak 80 persen untuk pembangunan dan 20 persen sisanya pemeliharaan, maka tahun anggaran ini sebaliknya. “Masak dari zaman reformasi Dinas PU sibuk ngurusi drainase dan jalan terus. Kalau soal membangun kita jagonya. Tapi soal pemeliharaan, gagal total Pemko Medan ini,” ketusnya, Jumat (13/4).

Politisi Gerindra ini menambahkan, di Kota Medan tidak pernah ada lagi pembukaan jalan baru. Jalan yang sudah ada tersebut hanya diaspal kembali. Menurutnya kegiatan itu hanya menghamburkan anggaran saja.

“Berapa banyak jalan yang butuh perawatan? Kan Dinas PU punya datanya. Jangan yang sudah bagus dibagusin lagi. Perbaikilah jalan yang rusak-rusak itu. Kalau jalan itu masuk wilayah nasional ataupun provinsi, koordinasikan. Supaya masyarakat Kota Medan yang melintasi jalan itu merasa nyaman. Jangan sampai ada korban kecelakaan karena jalan berlubang dulu, baru jadi perhatian kita,” ketusnya menyikapi korban jalan berlubang baru-baru ini di Jalan Gatot Subroto.

Menyangkut korban jalan berlubang di Gatot Subroto, Rabu (4/4) lalu, Godfried menyebutkan bahwa pemerintah pusat maupun Pemko Medan tidak pernah memiliki itikad baik untuk memberikan layanan terutama dalam hal infrastruktur.

“Keluarga korban bisa menuntut pemerintah. Kenapa tidak? Karena setiap jalan yang diaspal baik pemerintah tingkat dua maupun pusat, ada garansi atau paling tidak dinas terkait memiliki tanggung jawab,” pungkasnya.

Sebelumnya, Syafidah (42), warga Gang Wali, Kecamatan Medan Sunggal meregang nyawa usai sepeda motor Honda Beat BK 4959 AHK yang ditumpanginya terperosok ke dalam lubang di Jalan Gatot Subroto, Keluarahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal.

Nyawa ibu lima anak tersebut tidak dapat tertolong, lantaran mengalami pendarahan hebat di bagian kepala saat dibawa ke rumah sakit terdekat.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wali Kota: Guru Harus Terus Tingkatkan Kompetensinya

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, berharap agar para guru terus meningkatkan kompetensinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: