_
Home / Medan / Dinas P2K Medan Bangun Aplikasi E-Damkar
WOL Photo

Dinas P2K Medan Bangun Aplikasi E-Damkar

MEDAN, Waspada.co.id – Albon Sidauruk yang baru dilantik menjadi Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan langsung membuat terobosan.

Dinas P2K Medan akan membangun aplikasi e-Damkar dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Aldon menjelaskan, dengan adanya aplikasi E-Damkar akan mempermudah pihaknya dalam melakukan penyuluhan serta mempermudah masyarakat dalam melaporkan terjadinya peristiwa kebakaran.

“Nantinya dengan adanya aplikasi e-Damkar, masyarakat tinggal download di Playstore, lalu bisa melaporkan terjadinya kebakaran, serta bisa membaca sosialisasi penyuluhan,” jelasnya, Senin (15/7).

Albon mengungkapkan, Dinas P2K Medan saat ini memiliki 34 armada dengan rincian 30 mobil semprot tanki dan empat unit mobil tangga.

Sedangkan jumlah personil sebanyak 92 orang yang dibagi dalam tiga shift, disebar di empat pool, yakni Kantor Dinas P2K di Jalan Borobudur, Amplas, KIM, dan Belawan.

Namun, menurutnya jumlah personel yang dimiliki masih kurang. Sebab, Pemko Medan sendiri saat ini melakukan pengurangan tenaga outsourcing.

Kemudian, berdasarkan data yang dimiliki, penyebab utama terjadinya kebakaran di Medan akibat arus pendek dan kompor gas meledak.

Oleh karena itu, Albon mengimbau masyarakat untuk memperhatikan usia instalasi listrik. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari AKLI, idealnya usia instalasi listrik 20-25 tahun. Jika sudah lebih, masyarakat diimbau untuk memperbarui.

Kemudian terkait kompor gas, untuk mencegah terjadinya kebakaran, masyarakat diimbau untuk membuat tempat khusus.

“Untuk jumlah penelepon iseng yang menghubungi operator telepon Dinas P2K, persentasenya cukup kecil. dengan kemajuan teknologi saat ini, serta teknik yang dimiliki, operator telepon Dinas P2K Medan tidak akan mudah terkecoh,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pemko Medan Revisi Perda 13/2011 Jadikan Iklim Investasi Sehat

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan revisi Perda Kota Medan 13/2011 tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.