_
Home / Medan / Dinas Kebersihan Gagal Tangani Pengelolaan Sampah
Ketua DPD KNPI Kota Medan, El Adrian Shah (WOL Photo/Ega Ibra)

Dinas Kebersihan Gagal Tangani Pengelolaan Sampah

MEDAN, Waspada.co.id – Di hari jadi Kota Medan ke-429, sampah masih menjadi persoalan. Per hari masyarakat Kota Medan bisa menghasilkan hampir 2 ton sampah dan yang terangkut ke TPA hanya 900 kg saja.

Menurut Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Medan, El Adrian Shah, mengatakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bukanlah solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Medan.

“Tiap hari sampah semakin menggunung. Tempat pembuangan akhir hanya mengurangi volume sampah dan itu bukan solusi,” ungkapnya, Rabu (3/7).

El Adrian Shah menuturkan, Kota Medan bisa mencontoh pengelolaan sampah di luar negeri hingga menjadi bahan baku dan bisa menjadi kebutuhan bagi masyarakat Medan sendiri.

“Artinya bagaimana di TPA itu sendiri, selain tempat pembuangan sekaligus dijadikan tempat pengelolaan sampah pilihan menjadi bahan baku. Tentunya ini bisa menciptakan peluang pekerjaan. Menurut saya inilah mungkin solusi masalah sampah. TPA mungkin bisa dijadikan tempat pengelolaan sampah,” tuturnya.

Lebih lanjut, El menerangkan efek sampah ini cukup merugikan masyarakat Kota Medan sendiri. “Polusi udara, pencemaran air, banjir dan kondisi tanah adalah akibat sampah yang berserakan meski TPA sudah tersedia,” terangnya.

El juga menyinggung soal kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan. Menurut El, dinas terkait juga ikut betanggung jawab atas masalah sampah di Kota Medan.

“Sampah rumah tangga yang setiap harinya terus menumpuk menjadi penyebab banjir bila armada pengangkut sampah tidak efektif,” sebutnya.

El berharap, Pemko Medan punya solusi tepat untuk mengatasi persoalan sampah, apalagi ini adalah momen penting bagi Kota Medan yang merayakan hari jadinya ke 429.

“Tentu kita berharap pada Pemko Medan punya solusi mengatasi sampah. Jika tidak punya solusi Medan akan kesulitan menangani sampah di Kota Medan,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

KNPI Peringati Nuzulul Quran dan Santuni 100 Anak Yatim

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Medan, El Adrian Shah, menegaskan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.