Home / Medan / Diberhentikan Sepihak, Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Gugat Gubsu
Foto: Mantan Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Anggia Ramadhan. (WOL Photo)

Diberhentikan Sepihak, Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Gugat Gubsu

MEDAN, Waspada.co.id – Pasca terpilih sebagai pemenang pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, terus melakukan penyegaran struktur birokrasi di jajarannya seperti yang dilakukannya pada susunan Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi. Di mana seluruh Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut ia berhentikan dengan alasan yang tidak jelas.

Mantan Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Anggia Ramadhan, mengaku diberhentikan secara sepihak oleh mantan Pangkostrad tersebut. Pemberhentian ini terkesan tidak profesional dan diduga kuat untuk menempatkan oknum-oknum yang telah berjasa memenangkan dirinya saat pesta rakyat berlangsung.

“Pemberhentian yang dilakukan oleh Gubernur Sumut cacat hukum. Makanya SK (surat keputusan) akan digugat ke PTUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara). Rencananya Senin (11/2) akan kita daftarkan,” ungkapnya, Rabu (6/2).

Anggia menjelaskan, SK pemberhentian dari Gubernur Sumut diterimanya pada 31 Januari 2019 lalu. Menurutnya, SK pemberhentian tersebut tidak memiliki dasar hukum yang kuat.

“Pertimbangan pemecatan berdasarkan PP 54/2017 dan Permendagri 37/2018. Padahal di situ disebutkan pemberhentian Dewan Pengawas karena beberapa alasan seperti meninggal dunia, terlibat pidana atau perusahaan merugi,” terangnya.

Lebih lanjut mantan Badko HMI Sumut priode 2013-2015 ini menjelaskan, pada Desember 2018 lalu, seluruh anggota Dewan Pengawas telah dipanggil oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah. Dalam kesempatan itu Wakil Gubernur menyatakan bakal melakukan pemberhentian.

“Kalau memang diganti karena alasan kinerja tidak ada masalah, ini belum dilihat kinerja sudah main pecat. Kami akan tempuh masalah ini ke jalur hukum, sampai kami mendapatkan alasan yang jelas,” tegasnya.

Untuk diketahui, dalam sususan Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi terdapat 5 orang yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Sumut. Adapun keempat Dewan Pengawas yang ditunjuk mendampingi Sekda yakni Farianda Putra Sinik, Asban Ritonga, Tengku Fahmi Johan dan Anggia Ramadhan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Taman Makam Pahlawan Bakal Dipugar dan Renovasi

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahyamadi, bersama rombongan Forkopimda Sumut dan tokoh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: