Home / Medan / DBH Belum Dibayar, Pemko Medan Segera Surati Pemprovsu
WOL Photo

DBH Belum Dibayar, Pemko Medan Segera Surati Pemprovsu

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, berjanji akan menyurati Pemprovsu terkait belum dibayarnya Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp599 miliar.

Hal itu ditegaskan Wali Kota usai menghadiri rapat paripurna Penyampaian Laporan Panitia khusus (Pansus), Penyampaian Pendapat Fraksi-Fraksi dan Pengambilan Keputusan serta Penandatanganan Persetujuan Bersama Antara Pimpinan DPRD Medan Dengan Kepala Daerah Kota Medan Terhadap Ranperda Medan tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh di DPRD Medan.

“Ya, kita tunggu dulu. Sebab, Gubernur Sumut Pak Edy Rahmayadi berjanji akan membayar DBH itu di bulan (Januari) ini. Begitupun, kita (Pemko) akan suratilah,” katanya.

Disinggung dampak belum terbayarnya DBH itu bagi Pemko Medan, Eldin menyebutkan sangatlah berdampak. Sebab itu nantinya merupakan masuk dalam APBD. “Pastilah (berdampak) DBH itukan, masuk dalam APBD kita (Medan),” jawabnya.

Senada dengan itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Medan, Irwan Ritonga, menyebutkan bahwa pihaknya sudah berencana menyurati Pemprovsu terkait DBH tersebut. Hanya saja pihaknya tetap menunggu hasil audit BPK terkait DBH yang kurang dibayarkan Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp.434.776.679.220.

“Berdasarkan informasi dari BPKAD Pemrovsu DBH yang akan dibayar terlebih dahulu yakni yang tahun 2017 sebesar Rp165.126.159.437. Sementara yang kurang bayar TA 2018 masih nunggu hasil audit BPK,” jelasnya.

Begitupun, lanjutnya, Pemko Medan menginginkan agar DBH yang kurang dibayarkan tahun 2017 dan 2018 dibayar seluruhnya. “Kita maunya seluruhnya dibayarkan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan Ketua Fraksi Golkar DPRD Medan, Ilhamsyah, mendesak Pemerintah Kota (Pemko) ‘menagih’ utang Dana Bagi Hasil (DBH) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang masih kurang bayar sejak 2017 lalu. Diyakini, dengan terbayarnya utang DBH dari pemprovsu itu akan mampu membantu proyek pembangunan Kota Medan.

“Kita minta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar segera merealisasikan pembayaran utang DBH kepada Pemko Medan yang tunggakannya sejak tahun 2017 hingga 2018 lalu sebesar Rp600 miliar,” katanya kala itu.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Sambut Ramadhan, Stok Sembako Dipastikan Aman di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Satgas Pangan Kota Medan memastikan stok sembako yang beredar di Kota ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: