_
Home / Fokus Redaksi / Danau Toba Super Prioritas Tujuan Wisata Dunia
WOL Photo

Danau Toba Super Prioritas Tujuan Wisata Dunia

MEDAN, Waspada.co.id – Menjadi salah satu daftar “10 Bali Baru”, kawasan Danau Toba masuk dalam super prioritas pemerintah sebagai destinasi wisata dunia.

Dari 10 daftar destinasi wisata “Bali Baru” ada empat lokasi yang kini menjadi fokus pengembangan Kemenpar atau masuk dalam empat super prioritas yakni Danau Toba, Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dan Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya kepada wartawan di Medan menuturkan bahwa wisata Danau Toba menjadi super prioritas pemerintah, karena sebagai kawasan danau vulkano terbesar di dunia yang memiliki potensi besar untuk memajukan pariwasata di Indonesia khususnya bagi Sumatera Utara.

(WOL Photo)

“Sesuai target Kementerian Pariwisata yang ingin mencapai Danau Toba dengan satu juta wisatawan, tentu ini yang menjadi upaya untuk mendorong terus kemajuan pariwisata melalui pembangunan-pembangunan pendukung seperti Infrastruktur, dan pelayanan,” tuturnya.

Dan Kemenpar menargetkan sampai dengan 2019, semua pembangunan infrastruktur dasar harus selesai, seperti jalan, air, fasilitas listrik dan internet. Selain itu, pembangunan nomedik tourism seperti homestay, area camp dan karapan.

“Sehingga, masyarakat nanti 2019 sudah bisa menikmati infrastruktur dasar yang sudah selesai, dan bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke kawasan Danau Toba. Ini upaya kita untuk menarik para wisatawan datang dan merasakan keindahan wisata Danau Toba,” ungkap Arief Yahya.

Arief Yahya juga menambahkan, selain infrastruktur dasar, Kemenpar juga akan memfokuskan terhadap pembangunan-pembangunan melalui tiga akses yakni darat, laut, dan udara.

“Untuk udara, kita sudah mempunyai tiga bandara yakni Kualanamu, Silangit, dan Sibisa yang siap menjadi salah satu alternatif untuk berkunjung ke Danau Toba. Dan melalui darat kita juga akan bangun jalan tol dari Medan sampai ke Parapat dan jalur kereta api. Sementara untuk laut kita memiliki Pelabuhan Kuala Tanjung yang aksesnya juga mudah ke Danau Toba. Kita harapkan juga dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk sama-sama memajukan Danau Toba sebagai icon wisata Sumut yang memiliki nilai jual di level dunia,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Masyarakat Belum Memahami Konsep Wisata Halal

MEDAN, Waspada.co.id – Terkait dengan wisata halal Danau Toba, Pengamat Pariwisata dan Ekonom Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.