Home / Medan / Daftar Pemilih Ganda di Medan Berkisar 13.479 Orang
Ketua KPU Kota Medan, Herdensi Adnin. (WOL Photo)

Daftar Pemilih Ganda di Medan Berkisar 13.479 Orang

MEDAN, Waspada.co id – Ketua KPU Kota Medan, Herdensi Adnin, menyebut ada dugaan data pemilih ganda sebanyak 25.000.000 pemilih secara nasional dan 117.000 pemilih di antaranya terdapat di Kota Medan. Hal itu mengacu pada saat rekapitulasi dan penetapan di tingkat nasional yang direkomendasikan partai politik (parpol).

Dikatakan, atas dasar temuan itu KPU RI mengeluarkan surat edaran Nomor 1033 yang ditujukan kepada seluruh KPU kabupaten/kota agar melakukan kroscek terhadap keberatan parpol tentang dugaan pemilih ganda.

“Setelah dikroscek, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan dugaan saat ini 13.479. Diantaranya data ganda atau bermasalah,” jelasnya, Rabu (12/9).

Lebih lanjut Herdensi menjelaskan, temuan KPU tentang data ganda berbeda dengan temuan Bawaslu Medan. Di mana, data ganda versi KPU berjumlah 13.479, sedangkan versi Bawaslu 25.032.

“KPU punya aplikasi untuk mengolah data, begitu juga dengan Bawaslu punya aplikasi sendiri. Mungkin terjadi karena bacaan aplikasi dan bacaan manual pada saat melakukan pencermatan data pemilih,” imbuhnya.

“Karena ada mis data, makanya kami akan melakukan pertemuan baik dengan Bawaslu, Parpol dan Disdukcapil untuk menyelesaikan masalah pemilih ganda ini,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Rekapitulasi Suara Pilkada Medan Tanpa Tim REDI

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum Kota Medan hari ini, Rabu (16/12), menggelar rekapitulasi suara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: