Home / Medan / “Cegah Banjir Harus Libatkan Partisipasi Masyarakat”

“Cegah Banjir Harus Libatkan Partisipasi Masyarakat”

MEDAN, Waspada.co.id – Pengamat Tata Kota dari Universitas Sumatera Utara (USU), Octafryana Marpaung, menyarankan Pemko Medan untuk melakukan pemetaan terkait titik atau lokasi mana saja yang kerap menerima langganan banjir. Kemudian mengidentifikasi apa saja yang menyebabkan banjir pada titik-titik yang sudah dipetakan tersebut.

Selanjutnya, masih kata Octafryana, membuat strategi penyelesaian masalah atas daerah-daerah yang sudah diidentifikasi penyebab banjir. Tentulah penyebab banjir tidak dapat disamaratakan untuk semua titik banjir.

“Pemko Medan harus membuat rencana prioritas untuk menyelesaikan permasalahan banjir di Kota Medan. Indikator penentuan perencanaan prioritas sebaiknya berdasarkan tingkat dampak banjir terhadap lingkungan sekitarnya,” ungkapnya, Sabtu (4/8).

Lebih lanjut Octafryana mengatakan, dalam persoalan ini Pemko Medan harus melibatkan masyarakat untuk berperan serta dalam mengatasi banjir supaya turut merasakan untuk memiliki lingkungannya.

Partisipasi tentunya harus terlebih dahulu memberdayakan tokoh setempat yang dapat dijadikan panutan atau dapat dipercaya oleh masyarakat di tingkat lingkungan.

“Membuang sampah di sungai adalah perilaku masyarakat pada umumnya. Pemerintah harus secara tegas menegakkan hukum untuk masyarakat yang membuang sampah di sungai. Sungai harus dijadikan sebagai ruang terbuka kota dan bukan bagian belakang dari area hunian masyarakat. Hal tersebut mengandung arti bahwa sungai harus direncanakan sebagai bagian depan suatu kawasan dan atau area hunian, sehingga masyarakat akan bersama sama menjaga bagian dari depan area hunian,” pungkasnya. (wol/mrz/eli)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Sistem Pembelajaran Berbasis HOTS Siap Hadapi Era Millenium

MEDAN, Waspada.co.id – High Order Thinking Skills (HOTS) merupakan cara berpikir pada tingkat yang lebih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: