Home / Medan / Calon Bupati Batubara Jadi Saksi Sidang Ok Arya
WOL Photo/Ilham

Calon Bupati Batubara Jadi Saksi Sidang Ok Arya

MEDAN, WOL – Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengahadirkan calon Bupati Batubara periode 2018/2023, Khairil Anwar sebagai saksi pada persidangan kasus korupsi yang melibatkan mantan Bupati Batubara Ok Arya Zulkarnain (nonaktif) di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (8/3).

Adapun Anwar dihadirkan untuk memberikan kesaksian terhadap ketiga terdakwa yakni mantan Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Batubara, Helman Herdadi dan Sujendi Tarsono alias Ayen selaku pemilik showroom Ada Jadi Mobil.

Dalam kesaksiannya, Anwar mengaku sebelumnya pernah menjadi pengacara dari anak kandung Ok Arya yang berurusan dengan hukum lantaran terlibat kasus narkoba. Untuk gaji, Anwar dibayar sebesar Rp250 juta.

“Saya ditelpon OK Arya untuk mengambil uang sebesar Rp250 juta kepada Ayen sebagai upah jasa untuk mendamping kasus anaknya yang terjerat kasus narkoba jenis sabu satu paket,” ungkapnya di persidangan yang berlangsung di ruang Cakra Utama Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Selain itu, Anwar juga mengaku mengambil uang itu langsung ke showroom milik Ayen yang berada di Jalan Gatot Subroto Medan. Namun dia disambut oleh Bendahara Ayen.

“Setelah itu, saat berada di Jalan SM Raja Medan, tak jauh dari Fly Over Amplas, mobil saya dihentikan, dari dalam mobil keluar orang menyebut dari KPK dan saya diamankan oleh petugas KPK pada 13 September 2017, lalu,” ucapnya kepada majelis hakim yang diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo.

Anwar juga mengungkapkan belum menerima uang senilai Rp250 juta sebagai gajinya saat menjadi pengacara. Hal itu dikatakannya saat ditanyai hakim ketua Wahyu apakah uang tersebut sudah diterima apa belum.

“Tidak majelis hakim, jadinya ‎saya belum menerima honor sebagai pengacara pak,” tukasnya.

Perlu diketahui, Khairil Anwar bersama Sofyan Alwi maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Batubara, periode 2018-2023 melalui jalur perorangan dan sudah dinyatakan lolos oleh KPUD Batubara sebagai pasangan calon‎ di Pilkada Batubara 2018 mendatang.

Untuk kasus sendiri, sedikitnya KPK telah menjaring lima orang dalam kasus suap senilai Rp8.055 miliar proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Batubara.(wol/ham/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Relawan Sahabat ST Siap Menangkan Djarot-Sihar

MEDAN, Waspada.co.id – Relawan Sahabat Sofyan Tan (ST) yang merupakan ratusan pendeta dari lintas gereja ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: