Home / Medan / Calhaj Embarkasi Medan Jalani Pemeriksaan Biometrik
Calon Jamaah Haji (CJH) Klompok Terbang (Kloter) dua asal Kabupaten Asahan melakukan pendaftaran Biometrik di Asrama Haji Medan, Senin (23/7). Pendaftaran Biometrik mulai diberlakukan pada musim haji 2018 di Embarkasi Asrama Haji Medan untuk mempersingkat verifikasi data CJH di bandara kedatangan Arab Saudi. (WOL Photo/Ega Ibra)

Calhaj Embarkasi Medan Jalani Pemeriksaan Biometrik

MEDAN, Waspada.co.id – Ratusan calon jemaah haji kloter kedua asal Kabupaten Asahan menjalani serangkaian proses pemeriksaan dan pendataan biometrik di Embarkasi Asrama Haji Medan, Senin (23/7).

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Medan, Drs HT Darmansah SH, menuturkan bahwa jemaah yang datang akan melalui tiga proses, yakni, pendataan sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat), biometrik, dan pemeriksaan kesehatan.

“Setelah datang, kami lakukan pendataan. Kami data siskohat, biometrik, dan pemeriksaan kesehatan,” tuturnya.

Pemeriksaan biometrik sendiri adalah perekaman identitas diri yang mencatat ciri fisik pribadi para jemaah.

“Foto wajah, sidik jari, pola garis tangan, dan pupil mata jemaah dipindah dengan perangkat elektronik, kemudian hasilnya disimpan dalam file elektronik yang memuat identitas resmi seperti nama, alamat, nomor kloter serta asal embarkasinya,” ungkapnya.

Proses itu membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Selama ini, pemeriksaan dilakukan di bandara tujuan di Arab Saudi.

“Baru tahun ini diberlakukan, dan ini untuk memudahkan jamaah ketika sampai di sana sudah tidak perlu melakukan proses pemeriksaan biometrik,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Menjelang Haji, Arab Saudi Siapkan Kiswah Penutup Ka’bah Baru

MEKKAH, Waspada.co.id – Presiden Jenderal Arab Saudi Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: