Home / Fokus Redaksi / Bupati Batubara Didakwa Terima Suap Rp8 Miliar
WOL Photo/Ega Ibra

Bupati Batubara Didakwa Terima Suap Rp8 Miliar

MEDAN, WOL – Terdakwa Bupati Batubara (nonaktif), Ok Arya Zulkarnain, didakwa telah menerima suap sebanyak Rp8.055 miliar pada kasus korupsi pembangunan infrastruktur Kabupaten Batubara Tahun 2017.

Hal itu disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ariawan Agustiartono, saat sidang pembacaan dakwaan yang berlangsung di ruang Cakra Utama Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (5/2).

Dibacakan, uang tersebut diberikan oleh para kontraktor untuk memenangkan tender proyek. Terdakwa Sujendi alias Ayen (berkas terpisah) berperan sebagai pengumpul uang dan selanjutnya diserahkan ke Ok Arya.

“Sejak Maret 2016 hingga September 2017, OK Arya menerima hadiah uang sebesar Rp8.055 miliar yang diserahkan terdakwa Sujendi alias Ayen dan uang tersebut diberikan Maringan Situmorang, Mangapul Butarbutar alias Apul, Sucipto alias Abun, Parlindungan Hutagalung alias Parlin, dan Syaiful Azhar sebagai syarat setelah memenangkan proyek,” ucapnya.

Selanjutnya, untuk terdakwa Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Batubara Helman Herdadi didakwa menerima uang sebesar Rp80 juta dari Syaiful Azhar.

“Sebaimana perbuatan kedua terdakwa diancam pidana dalam Pasal 12 Huruf a atau Pasal 11 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat (1),” sebutnya.

Usai mendengarkan dakwaan, keduanya menyatakan tidak akan mengajukan nota keberatan (esepsi, red). Kemudian majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan yang diketuai Wahyu Prasetyo Wibowo menunda persidangan dan akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda keterangan saksi.(wol/iam)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

KPK Sita Dua Mobil dan Uang Pecahan Dollar Singapura Terkait Suap Izin Meikarta

  JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita dua unit mobil dan uang dalam bentuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: