Breaking News
Home / Medan / Bulan Depan, Pengurusan KK dan KTP Bisa di Kantor Lurah
WOL Photo
WOL Photo

Bulan Depan, Pengurusan KK dan KTP Bisa di Kantor Lurah

MEDAN, WOL – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menyebutkan dalam waktu dekat ini Pemko Medan akan meluncurkan program baru terkait pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Program tersebut yakni, masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan tidak harus ke Disdukcapil, melainkan sudah bisa di urus di kantor lurah.

“Sebagaimana instruksi bapak Wali Kota dan janji kami saat berkampanye dulu, minggu depan kita akan luncurkan program pelayanan administrasi kependudukan tersentral di kelurahan, yang mudah dan murah. Insyaallah,” sebut Akhyar, usai sidang paripurna Pandangan Umum Fraksi Fraksi Ranperda Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan di DPRD Medan, Senin (29/2).

Lebih lanjut mantan anggota DPRD Medan priode 2004-2009 ini menjelaskan, jika dahulu data kependudukan seperti KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Kartu Keluarga dan lainya terpusat di Disdukcapil, kedepannya akan berbeda.

“Jadi kami sedang finalisasi, mudah-mudahan minggu depan kita luncurkan pelayanan tersebut yang murah dan dekat kepada rakyat. Harapan kita, kalau sudah semua urusan di kantor lurah, maka itu termasuk upaya jemput bola. Dan semua ini gratis,” sambung politisi PDI Perjuangan ini.

Akhyar menambahkan, data kependudukan sangat penting bagi aspek pembangunan dan program kerja Pemko Medan sendiri. Soal data kependudukan ganda, kesalahan bukan terletak pada kinerja pemerintah, melainkan warga pendatang yang tidak menyertakan surat pindah dan tidak melaporkan keberadaan mereka kepada Kepling. Hal inilah yang menjadi indikator data ganda tersebut.

“Sebenarnya bagi warga Kota Medan yang memiliki Kartu Keluarga asli jika pindah-pindah tempat tidak masalah. Persoalannya, bagaimana mau dibuat administrasinya di kelurahan jika warga tersebut tidak membawa surat pindah. Kan jadi kacau sistem administrasi kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Medan, Roby Barus, mengapresiasi wacana program yang akan di luncurkan Pemko Medan. Pasalnya selama ini terjadi penumpukan berkas di kecamatan sebelum dikirim ke Disdukcapil. Disamping itu, proses kepengurusan administrasi kependudukan ini tidak memakan waktu yang lama dan birokrasi yang panjang.

Namun, sambung mantan Kepling ini, selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah, Pemko Medan harus serius mengawasi kelancaran program tersebut. Jangan sampai dimanfaatkan oknum untuk mengutip pungutan kepada masyarakat. Perwakilan masyarakat di kelurahan juga harus berperan aktif.

“Kita punya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang ada di kelurahan. Mereka berfungsi untuk mengawasi kinerja dan memberikan masukan kepada lurah. Nah, untuk SDM dikelurahan itu sendiri nantinya, Wali Kota pasti lebih bijak menunjuk orangnya,” sebut Roby. (wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Petugas Sabhara Polsek Medan Sunggal giring tersangka tindak kejahatan untuk dijebloskan ke ruang tahanan.(WOL Photo/Gacok)

APK Bantu Mahasiswi Tangkap Perampok

MEDAN, WOL – Adanya Aplikasi Polisi Kita (APK) sangat membantu warga yang merasa terancam nyawanya ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.