Home / Medan / Bubur Sup Masjid Raya Medan Jadi Incaran Warga
WOL Photo/Eko kurniawan

Bubur Sup Masjid Raya Medan Jadi Incaran Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Memasuki Bulan Suci Ramadhan, bubur sup khas Masjid Raya Al Mashun menjadi incaran warga Medan untuk dijadikan menu berbuka.

Karena tak mau kehabisan bubur pedas ini, masyarakat Kota Medan pun berbondong-bondong ngantri pembagian bubur khas Ramadhan tersebut.

Darlis selaku Kordinator Pemasak Bubur Sup di Masjid Raya Al Mashun, mengatakan tahun ini masyarakat yang mengantri untuk mendapatkan bubur pedas lebih ramai dibandingkan tahun lalu.

“Tapi tetap dari tahun ke tahun kita selalu sediakan lebih dari 1000 porsi setiap hari yang hendak dibagikan gratis di bulan puasa untuk masyarakat,” tuturnya kepada Waspada Online, Kamis (17/5).

Tahun 1960-an pembagian bubur pedas ini sudah dilakukan dan  sejak Ramadan tahun 1909 Masehi, menu yang dibagikan adalah bubur pedas, makanan khas bangsawan Melayu. Dimana ini merupakan masa kejayaan Kesultanan Deli di bawah Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alam Syah.

“Dan bahan-bahan dasar dari pembuatan bubur pedas dinilai rumit karena sangat kaya rempah dan proses pembuatannya sulit, tapi kita tetap buat bubur sup dengan menggunakan bahan dasar beras ditambah daging dan sayuran, berupa kentang, wortel, serta bumbu sup, seperti merica, dan daun seledri,” ungkapnya.

Makanya sekarang diganti sama bubur sup yang juga dicampur sayur-sayuran serta bawang goreng sebagai bagian varian dari bubur sup tersebut.

“Untuk proses memasak berlangsung sekitar 3 jam dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dan akan dibagikan setelah ibadah shalat Ashar, setiap harinya kita masak 30 Kg beras,” jelansya.

Sementara menurut Andun (27) mengaku suka dengan bubur sup yang dibuat oleh pengurus Masjid Raya Al Mashun, karena rasanya khas dan cocok dijadikan menu berbuka.

“Hari ini saya menunggu sejak pukul 14.00 WIB, dan tahun lalu hampir seminggu 4 kali datang kemari,”  pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Parkir Bakso Amat Juanda Gunakan Jembatan Macatkan Arus Lalu Lintas

MEDAN, Waspada.co.id – Lagi-lagi permasalahan parkir di Kota Medan tak pernah mendapatkan tindakan yang serius ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: