Home / Medan / BRT dan LRT Solusi Atasi Kemacatan di Medan
WOL Photo

BRT dan LRT Solusi Atasi Kemacatan di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan tengah berupaya mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi dengan angkutan umum melalui pelaksanaan angkutan massal berbasis jalan melalui rencana pelaksanaan angkutan umum Bus Rapit Transit (BRT) dan pembangunan Light Rail Transit (LRT). Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di Kota Medan.

Demikian terungkap dalam Nota Jawaban Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, atas Pemandangan Umum DPRD Medan pada Sidang Paripurna DPRD Medan tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2017 di Gedung DPRD Medan, Senin (20/8).

Penjelasan ini disampaikan Wali Kota untuk menanggapi pemandangan umum Fraksi Partai Gerinda DPRD Kota Medan yang disampaikan Surianto dalam sidang paripurna sebelumnya. Diungkapkan Wali Kota, kemacatan yang terjadi tidak terlepas dari meningkatnya pertumbuhan kendaraan bermotor di Kota Medan yang mencapai sekitar 12,78 persen pertahun, di mana 87 persen diantaranya kendaraan roda dua.

Di samping itu lagi papar Wali Kota, kondisi itu diperparah lagi dengan arus komuter masyarakat yang berasal dari pinggiran Kota Medan. “Tercatat setiap harinya sekitar 300 ribu kendaraan bermotor dari pinggiran Kota Medan yang masuk sehingga memperparah kemacatan. Itu sebabnya salah satu solusi mengatasinya, kita berupaya mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi dengan angkutan umum,” ujar Wali Kota.

Kemudian Wali Kota menambahkan, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan juga bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Medan dan intansi terkait melakukan penertiban terhadap terminal liar yang berada di sejumlah titik di Kota Medan. Lalu, rutin melakukan penindakan terhadap parkir liar di tepi jalan yang ikut memicu terjadinya kemacatan.

“Di sisi lain pemenuhan rambu-rambu lalu lintas juga menjadi perhatian kami dalam upaya mengurai kemacetan yang terjadi selama ini. Setiap tahun kita terus melakukan penambahan dan pemeliharaan rambu-rambu lalu lintas di Kota Medan. Penambahan ini tentunya mengacu kebutuhan rambu lalu lintas berdasarkan kajian yang tepat dan memenuhi peraturan berlaku,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

2001 Kepling Dapat Pelatihan Peningkatan Capacity Building

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan meningkatkan kapasitas seluruh kepala lingkungan (kepling). Langkah itu dilakukan agar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: