_
Home / Fokus Redaksi / BPKN: Negara Harus Terlibat Lindungi Konsumen
WOL Photo/Ega Ibra

BPKN: Negara Harus Terlibat Lindungi Konsumen

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mendorong Pemerintah terlibat aktif mengawasi perlindungan terhadap proses berjalanannya usaha antara pelaku bisnis dengan konsumen.

Wakil Ketua BPKN, Rolas Sitinjak, menyampaikan sebagai badan yang dibentuk untuk membantu upaya pengembangan perlindungan konsumen, BPKN akan terus berkomitmen dalam mengawasi perlindungan terhadap konsumen.

WOL Photo/Ega Ibra

“Sejak 2015 hingga Juni 2019, grafik pengaduan yang diterima oleh BPKN semakin menunjukan persentasi yang sterus meningkat. Tentu ini menjadi bukti bahwa kasus-kasus dalam bidang usaha masih banyak yang harus dibenahi,” tuturnya saat berkunjung ke Waspada Online, Rabu (3/7).

Dikatakan, sampai dengan Juni 2019, ada sekitar 411 pengaduan kasus yang paling banyak adalah di bidang perumahan yang mencapai di angka 73 persen.

“Dan beberapa kasus yang kita tangani, semua merupakan permasalahan sangat besar, dan minimnya kepedulian pemerintah terkait dan pelaku usaha sehingga konsumen menjadi korban,” ungkapnya.

Contoh kasus, kata Rolas, terjadi pada seorang penumpang ojek online yang mengalami kecelakaan tunggal, dan harus kehilangan kakinya akibat kecelakaan tersebut. “Namun saat BPKN mendampingi si korban, justru orang-orang yang harusnya andil bertanggung jawab, malah buang badan,” ungkapnya.

“Seperti pihak perusahaan ojol, pemerintah terkait dan beberapa lembaga lainnya, saya sangat menyayanggkan lembaga-lembaga tersebut tidak menjalankan fungsinya dan seperti lempar bola semua,” ungkap Rolas.

“Tentu, dengan banyaknya kasus yang sudah ditangani BPKN, kita berharap pemerintah dan lembaga atau perusahaan yang terlibat bisa bersinergi untuk sama-sama bertanggung jawab terhadap perlindungan konsumen,” tandasnya. (wol/eko/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Hampir Dua Pekan, Harga Ayam Anjlok

MEDAN, Waspada.co.id – Dua pekan terakhir harga ayam potong di Medan dan sekitarnya anjlok atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.