Breaking News
Home / Medan / Blangko e-KTP Kosong, Ini Penjelasan Kadisdukcapil Medan
Kantor Disdukcapil Medan (WOL Photo)

Blangko e-KTP Kosong, Ini Penjelasan Kadisdukcapil Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Ok Zulfi, mengaku habisnya blanko e-KTP bukan terjadi pada hari ini saja. Melainkan sejak hari kemarin pun kondisi kekosongan blangko sudah terjadi. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengalami kekosongan tinta untuk mencetak e-KTP. Hal itu lantaran pengadaan tinta yang dianggarkan pada P-APBD 2018 tidak ada pembahasan.

“Sejak kemarin sudah kehabisan stok (e-KTP). Harusnya di P-APBD 2018 ada penambahan untuk membeli tinta, tapi kenyataannya tidak ada (P-APBD),” ungkapnya, Senin (5/11).

Lebih lanjut Ok Zulfi meminta masyarakat Kota Medan untuk bersabar. Sebab, stok blanko e-KTP berasal dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Sebenarnya beberapa hari lalu ada staf yang menjemput blanko sebanyak 2 ribu keping ke Kemendagri. Padahal permintaan kita 30.000 keping,” bebernya.

“Sejumlah 2 ribu keping blanko itu hanya cukup untuk mencetak permohonan yang sudah ada. Kalau yang baru menunggu ketersediaan dari Kemendagri,” sambungnya.

Mantan Sekretaris DPRD Medan ini menyebutkan, Pemko Medan sudah melayangkan surat resmi yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kota Medan untuk meminta blanko e-KTP sebanyak 100.000 keping ke Kemendagri. “Kita berharap permintaan itu bisa dipenuhi. Tapi, itu semua tergantung Kemendagri menyediakannya,” jelasnya.

Sebelumnya, Bendahara Fraksi Demokrat DPRD Medan, Hendrik Halomoan Sitompul, mendesak Disdukcapik bertindak agresif untuk segera menjemput blanko e-KTP ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta. Tindakan itu perlu dilakukan guna menyahuti keresahan warga Medan soal blanko KTP yang kosong.

“KTP sangat dibutuhkan guna keperluan urusan administrasi dan Pemilu April 2019 mendatang,” ucapnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Minim Palang Pintu di Jalur KAI, Ini Kata DPRD Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api, pemerintah harus memperhatikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: