_
Home / Medan / BI Gunakan KRI Lepu Untuk Kas Keliling Penukuran Uang di Daerah 3T

BI Gunakan KRI Lepu Untuk Kas Keliling Penukuran Uang di Daerah 3T

MEDAN, Waspada.co.id – Kas Keliling Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (AL) melakukan penukaran uang di KRI Lepu mencapai Rp3,148 miliar.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Wiwiek Siswo Widayat, menuturkan bahwa animo masyarakat yang memanfaatkan kas keliling untuk penukaran uang di atas kapal begitu tinggi.

“Dan ini merupakan kerjsama Bank Indonesia dengan TNI AL menggunakan Kapal Perang KRI Lepu,” tuturnya usai acara penyambutan KRI Lepu yang singgah di Pelabuhan Belawan, Selasa (2/3).

Dari Rp3,148 miliar yang ditukarkan, terbanyak ditukarkan masyarakat ada di Pulau Tebing Tinggi, Riau atau Rp1,5 miliar. Di susul Pulau Bengkalis Rp968juta, Pulau Panipahan Rp400juta, Pulau Kundur Rp180 juta, Pulau Rangsang Rp55 juta, dan Pulau Rupat Rp45 juta.

“Selain itu, penukaran uang pecahan kecil Rp1000, Rp2000, Rp5000, dan Rp10.000, program Kas Keliling Kapal itu juga dikuti dengan program penyerahan bantuan dan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah (Cikur),” ungkapnya.

Sosialisasi Cikur itu juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat khususnya di Pulau Rupat yang mengakui banyak menemukan uang Rupiah palsu.

Ia juga menambahkan, bahwa program penukaran uang di daerah 3T (terluar, terdepan dan terpencil) yang dimulai tanggal 27 Maret hingga 2 April 2019 merupakan bentuk koordinasi yang sangat baik antara BI dan Angkatan Laut.

“MoU soal layanan Kas Keliling Kapal antara BI dan Angkatan Laut dilakukan pada 2017. Kerja sama itu dilakukan dalam upaya penyediaan uang. BI ingin memastikan uang Rupiah ada dan tersedia di seluruh NKRI,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pelemahan Rupiah Diperkirakan Berlanjut

Waspada.co.id – Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.710 per dolar Amerika Serikat (AS) pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.