Home / Medan / BBPOM Medan Buru TS dan JG Pengusaha Mie Berformalin
Kepala BBPOM Medan, Sacramento Tarigan APT. (foto: detik.com)

BBPOM Medan Buru TS dan JG Pengusaha Mie Berformalin

MEDAN, WOL – Belum lama ini Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menetapkan empat tersangka dalam kasus mie basah berformalin dan boraks hasil penggerebekan di Siantar dan Simalungun. Dua di antaranya, kini berstatus buronan BBPOM.

Kepala BBPOM Medan, Sacramento Tarigan APT, menjelaskan kedua buronan itu masing-masing berinisial TS dan JG adalah pemilik atau pengusaha yang bertanggung jawab, pasca pengungkapan dua lokasi produksi mie yang mengandung formalin dan boraks.

“TS melarikan diri saat petugas BBPOM menggerebek pabrik mie berformalin di kawasan Serbelawan, Simalungun, sedangkan JG kabur dari lokasi pabrik pembuatan mie yang mengandung bahan kimia berbahaya itu di Kelurahan Tomuan. Keduanya diburu karena harus bertanggung jawab,” terangnya, Jumat (9/2).

Menurutnya, BBPOM tidak lagi main-main dalam mengambil langkah penindakan terhadap pengusaha yang memproduksi mie berformalin. “Formalin merupakan bahan yang sangat berbahaya, jadi kita tidak akan melakukan pembinaan lagi,” ungkapnya.

Dikatakan, pembinaan yang telah dilakukan sama sekali tidak membuat efek jera para pengusaha. Komitmen menyikat habis itu harus dijalankan mengingat formalin merupakan bahan yang sangat berbahaya yang ikut dijadikan bahan tambahan memproduksi mie.

Formalin yang ikut dikonsumsi akan mengakibat kerusakan organ tubuh. Mulai, masalah pencernaan hingga mengikis lapisan alat pencernaan. Selain formalin, kandungan boraks juga sangat berbahaya. Walau secara kasat mata tak terlihat dan membutuhkan waktu lama, kandungan formalin dan boraks membuat borok atau luka di bagian pencernaan.

“Jadi boraks dapat menyebabkan kanker dan merusak organ lain dalam jangka panjang,” bebernya.

Ia pun berharap agar masyarakat tidak percaya mie basah yang selama ini dikonsumsi bisa bertahan lebih dari satu malam. “Kita minta masyarakat tidak percaya, mie basah cuma tahan satu hari. Kalau besok nggak mungkin. Sudah pasti pakai pengawet,” pungkasnya.(wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Basarnas Kerahkan 2 Ferry Evakuasi Korban KM Sinar Bangun

TIGARAS, Waspada.co.id – Tim Basarnas mengerahkan dua unit KM Sumut I dan II melakukan evakuasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: