_
Home / Medan / Bawaslu Sumut Minta Laporkan Temuan Kecurangan Pemilu
Ilustrasi/WOL Photo

Bawaslu Sumut Minta Laporkan Temuan Kecurangan Pemilu

MEDAN, Waspada.co.id – Komisioner Bawaslu Sumut, Hardi Munthe, menyatakan agar semua pihak yang menemukan indikasi kecurangan segera melaporkan ke Bawaslu Sumut.

Hal itu disampaikannya, soal informasi dugaan telah terjadi kecurangan pemilu di sejumlah tempat, seperti yang marak di media sosial.

“Kami berharap semua kecurangan yang ditemukan untuk dilaporkan ke Panwas, Bawaslu, atau Gakkumdu. Tentu harus disertai bukti-bukti yang kuat terkait kecurangan yang dimaksudkan, sehingga bisa segera diproses, dan dibuat alur penyelesaiannya,” tegasnya, Sabtu (20/4).

Hardi mengungkapkan, proses demokrasi lewat pemilu serentak yang baru saja selesai memiliki aturan dan prosedur hukum yang jelas untuk mengantisipasi maupun menangani permasalahan yang terjadi di lapangan.

Sehingga diharapkan semua pihak jika menemukan kecurangan segera menempuh jalur yang sudah tersedia.

“Apalagi masing-masing dari kubu capres, partai politik maupun caleg telah memiliki saksi-saksi dan memegang formulir C1. Seperti saat ini sedang berlangsung rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan. Silahkan saksi-saksi bersuara, jika menemukan kecurangan karena di sini juga petugas Panwas ada melakukan pengawasan,” ungkapnya.

Dijelaskan, pihaknya telah menerima banyak laporan pengaduan dari masyarakat. Salah satunya yang sempat mencuat ke publik yaitu beredarnya video tentang indikasi kecurangan dalam pemungutan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) maupun berbagai kasus OTT terkait money politic yang sedang diproses.

“Kita mendapati laporan dari masyarakat terkait adanya proses penghitungan suara yang tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh PKPU 3 maupun dalam Undang Undang Nomor 7 tahun 2017. Kami sudah memerintahkan Bawaslu Tapteng untuk melakukan pengecekan di lapangan termasuk meminta keterangan dari pengawasan TPS,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gemas Sumut Anti Makar Tolak People Power dan Dukung KPU Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Elemen masyarakat yang mengatasnamakan Gemas Sumut Anti Makar berujuk rasa di depan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.