_
Home / Medan / Baru 25 Persen Pekerja Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan
Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Umardin Lubis.

Baru 25 Persen Pekerja Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

MEDAN, Waspada.co.id – Sampai 2018, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), mencatat belum semua pekerja terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Umardin Lubis, mengatakan dari 5 juta pekerja, hanya 25 persen yang sudah terdaftar. Dari segi jumlah orang yang terlindungi, saat ini program kesehatan merupakan kebutuhan. Tetapi program untuk kecelakaan, kematian, hari tua dan pensiun sampai saat ini BPJSK belum bisa menyakinkan bahwa ini merupakan satu kebutuhan dari bagi pekerja.

“Sampai saat ini masih banyak pekerjaan yang merasa belum penting mengikuti program tersebut,” tuturnya, Senin (17/12).

Sementara sekitar 75 persen lagi yang mayoritas merupakan pekerja informal belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dan pekerja yang belum terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan mayoritas dari sektor informal khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sedangkan perusahan besar, sebagian besar sudah mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sekarang kendala itu yang mau kita rubah bagaimana bisa menjadi kebutuhan. Kendalanya karena kalau yang informal tidak merasa wajib, karena program ini bukan kebutuhan,” ungkapnya.

Untuk 2019, BPJS Ketenagakerjaan akan membidik sektor pekerja UMKM untuk menjadi peserta. Sektor tenaga kerja tersebut terbilang masih rendah padahal sudah melakukan upaya untuk menyerap sektor tenaga kerja UKM formal maupun informal.

“Salah satunya, dengan menggandeng Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

PGN Terus Targetkan Pelanggan Bertambah Hingga Akhir 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Hingga akhir Tahun 2019, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk Medan, terus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: