Home / Fokus Redaksi / Bandara Silangit Siap Direct Flight Internasional
WOL Photo/Ega Ibra

Bandara Silangit Siap Direct Flight Internasional

Silangit, Waspada.co.id – Bandara Internasional Silangit, Siborong-Borong, sudah dinilai representatif dan siap menyambut direct flight internasional. Semua aspek teknis dan non teknisnya sudah disiapkan luar biasa.

Pengembangan dilakukan mengingat Bandara Silangit diproyeksikan memiliki kapasitas 750 ribu orang per tahun. Direct flight internasional pertama Bandara Silangit dilakukan maskapai Malindo Air, Jumat (17/8) kemarin.

Malindo ini menghubungkan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Subang, Malaysia, dengan Bandara Silangit. Selain poros ini, Silangit juga siap menyambut kehadiran AirAsia. Maskapai ini menghubungkan Silangit dengan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2 dan mulai bergulir 28 Oktober mendatang.

“Secara menyeluruh, Bandara Silangit sudah siap mendukung direct flight untuk Malindo dan siap menerima kehadiran AirAsia nanti. Kami tentu gembira karena bisa mendukung flight perdana Malindo secara lancar dan aman,” ungkap Executive General Manager Bandara Internasional Silangit, Eri Braliantoro.

Persiapan matang sudah dilakukan otoritas Bandara Silangit. Sehari menjelang kedatangan Malindo Air, otoritas Bandara melakukan simulasi kedatangan dan keberangkatan wisatawan internasional. Berbagai piranti pendukung teknis maupun non teknis diaktifkan. Hasilnya positif dan proses simulasi berjalan lancar.

“Kami mempersiapkan semuanya secara matang. Semua aspek dilihat. Pemeriksaan juga pengecekan dari sisi custom, immigration, dan quarantine semuanya clear. Dari sisi sistem, pengamanan, hingga X-Ray juga bagus. Sebab, kami memang didukung peralatan yang memadai,” terangnya.

Bandara Silangit juga memiliki fasilitas self check in. Memberikan informasi bagi wisman, digital banner juga sudah dipasang di banyak spot. Menunjang mobilitas wisatawan (berangkat, transit, dan kedatangan), konsep Flight Information Display System (FIDS) diterapkan. Menjamin akurasi, X-Ray Baggage dan Cabin sekaligus telah terpasang di pintu kedatangan.

“Bandara ini sudah sesuai fungsinya. Semua sistem sangat mendukung direct flight dari mancanegara. Sejak awal dibangun hingga menjadi bandara kelas menengah, perkembangannya sangat cepat sekali. Bukan hanya wisman, traffic untuk domestik juga sangat padat,” kata Direktur Utama Otorita Danau Toba (BPODT), Ari Prasetyo.

Kesiapan sekaligus jalannya pengembangan Bandara Silangit membuat Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sumringah. Sebab, destinasi Danau Toba memiliki atraksi yang kuat.

“Kunjungan wisman ke Danau Toba akan terus naik. Danau Toba ini eksotis. Kami juga yakin jumlah maskapai yang membuka direct fligt akan terus bertambah. Artinya, kesiapan bandara mutlak dibutuhkan,” kata Menpar. (wol/at/ini/eli)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Danau Toba Tetap Destinasi Wisata Dunia Pasca Kecelakaan Kapal

Waspada.co.id – Pemerintah Indonesia terus melakukan perbaikan transportasi penyeberangan di Danau Toba paska tenggelamnya Kapal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: