_
Home / Fokus Redaksi / AS Siap Pererat Kerja Sama Dengan Sumut
WOL Photo/Ega Ibra

AS Siap Pererat Kerja Sama Dengan Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Consulate of The United States of America menilai Sumatera Utara atau khususnya Medan merupakan kota yang menarik sebagai tempat berinvestasi dan layak untuk dipromosikan.

Hal itu diungkapkan Guy Margalith ketika berbincang-bincang kepada Waspada Online baru-baru ini seraya menyatakan Medan sebagai kota ketiga terbesar di Indonesia dan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat menjadi wilayah strategis sebagai tujuan investasi.

“Dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Kualanamu International Airport (KNIA) membuat Sumatera Utara-Medan sebagai kota perdagangan,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, pemerintah pusat dan daerah sedang gencar memajukan pertumbuhan ekonominya dengan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran. Tentu, hal ini menjadi daya tarik tersebut bagi investor dari luar.

“Kita siap mempromosikan kepada para pengusaha Amerika yang ingin kerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah di dalam bidang finansial, khususnya pembiayaan infrastruktur maupun investasi lainnya,” terangnya.

Guy juga siap mempererat kerja sama yang telah terjalin lama dengan Indonesia dengan berbagai investasi yang layak untuk dikembangkan.

“Terus terang, sesampainya saya di sini, saya langsung mencari tempat nongkrong untuk menikmati makanan di sini dan ternyata benar katakan sahabat-sahabat saya, bahwa makanan di sini enak,” ujar mantan Konjen AS di Ho Chi Minh dan Guangzhou serta Kedutaan Besar AS di Beijing, Bangkok, dan Port Moresby berbahasa Indonesia.

Tentunya melihat ini, lanjutnya, tidak hanya berinvestasi di infrastruktur namun di bidang kuliner pun menjadi bahan pertimbangan untuk menambah khazanah makanan khas di Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

Dirinya mengaku senang ditempatkan di Medan, kota yang multi etnis dan agama, namun tetap akur hingga memberikan gambaran bahwa keamanan berinvestasi paling utama. Dengan demikian, tidak menimbulkan kekhawatiran bagi investor.

“Apalagi kita dengar program-program yang begitu besar untuk kemakmuran masyarakat, khususnya Sumatera Utara di mana Gubernur Sumatera Utara ingin membangun stadion olahraga terbesar di Indonesia bahkan di Asia,” kata Guy lagi.

Selain itu, lanjutnya, Sumut akan membangun rumah sakit dengan alat-alat kesehatan terlengkap serta lokasi pengolahan sampah dengan teknologi. Dikatakan, ini akan membuat Sumatera Utara menjadi daerah percontohan.

“Kita berharap para investor Amerika ikut berkecimpung dalam program cita-cita pemerintah Sumatera Utara, selain proyek skala besar, juga memberikan kebaikan terhadap masyarakat,” lanjutnya.

Alumni University of Pennsylvania dalam bidang Ilmu Hubungan Internasional dan Ekonomi tersebut berharap hubungan tersebut tidak hanya sebatas investasi, melainkan lebih dari itu baik dalam hal pendidikan, kesehatan maupun teknologi, dan lainnya.

Dalam hal ini, pihak Consulate of The United States of America wilayah Sumatera siap mempermudah mahasiswa asal Indonesia, khususnya Sumatera, untuk menimbah ilmu di Negeri Paman Sam guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Saat ini, perkembangan zaman membuat industri teknologi semakin berkembang secara alami. Para inovator selalu ingin menggali lebih dalam lagi inovasi baru dalam rangka mempermudah kinerja hidup manusia,” ungkapnya.

“Tentunya, hal inilah diperlukan mahasiswa untuk mengambil pendidikan yang spesifik untuk menemukan peluang-peluang baru dalam berbisnis di era revolusi industri tersebut,” tutup Konsul AS di Medan tersebut. (wol/aa/data1)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

PSMS vs Aceh Babel Kembali Batal

MEDAN, Waspada.co.id – Laga tunda PSMS Medan kontra Babel United dalam lanjutan Liga 2 Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.