Home / Medan / APBD Pemko Medan TA 2017 Silpa Rp43,70 Miliar
Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, (WOL Photo/M Rizki)

APBD Pemko Medan TA 2017 Silpa Rp43,70 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menyampaikan nota pengantar Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPj) pelaksanaan APBD TA 2017 kepada DPRD Medan, lewat rapat paripurna di gedung dewan, Senin (13/8).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, didampingi Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Ramli dan Ihwan Ritonga serta para anggota dewan. Selain Wali Kota, paripurna ini juga dihadiri Wakil Wali Kota, Akhyar Nasution dan pimpinan SKPD serta para camat.

Dalam nota pengantar LPj, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, mengakui bahwa masih ada kekurangan dalam pengelolaan keuangan daerah di Pemko Medan. Untuk itu pihaknya terus meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabilitas akan ditingkatkan.

“Adapun laporan realisasi APBD TA 2017 terkait pendapatan secara akumulatif yakni realisasi pendapatan mencapai Rp4,40 triliun lebih. Terdiri dari PAD sebesar Rp1,73 triliun lebih. Pendapatan transfer sebesar Rp2,66 triliun lebih dan realisasi pendapatan mencapai 79,82 persen dari target yang ditetapkan,” katanya saat membacakan.

Ditambahkan, untuk belanja secara akumulatif realisasi belanja untuk TA 2017 mencapai Rp4,39 triliun lebih. Terdiri dari belanja operasional Rp3,39 triliun lebih dan belanja modal Rp997,47 miliar lebih. Sementara reaslisasi belanja T.A 2017 mencapai 79,22 persen dari target.

“Sedangkan, transfer bantuan keuangan secara akumulatif, realisasi transfer bantuan keuangan untuk TA 2017 tercatat mencapai Rp1,77 miliar lebih. Realisasi transfer TA 2017 mencapai 24,21 persen dari target. Untuk pembiayaan, secara akumulatif realisasi penerimaan pembiayaan yakni Rp35,46 miliar lebih dan pengeluaran pembiayaan yakni Rp5 miliar,” sambungnya.

Berdasarkan uraian di atas, Dzulmi Eldin melaporkan bahwa Sisa Laporan Penggunaan Anggaran (SILPA) T.A 2017 sebesar Rp43,70 miliar lebih. Rapat tersebut diskor untuk selanjutnya agenda pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Medan.(wol/mrz/devi)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Minim Palang Pintu di Jalur KAI, Ini Kata DPRD Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api, pemerintah harus memperhatikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: