Home / Medan / Antisipasi Banjir, Pemko Medan Wacanakan Bangun 5 Waduk
Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution (WOL Photo/M. Rizki)

Antisipasi Banjir, Pemko Medan Wacanakan Bangun 5 Waduk

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan berencana membangun lima waduk guna mengantisipasi banjir yang kerap melanda ibukota Provinsi Sumatera Utara ini. Kecamatan Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Johor adalah beberapa contoh lokasi yang akan dibangun waduk tersebut.

Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengaku gambar waduk atau detail engeenering design (DED) sudah dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan. “Gambarnya tahun lalu sudah ada, tinggal melaksanakannya saja,” ungkapnya, Rabu (8/8).

Akhyar tidak menampik kalau Pemko Medan mengalami kendala membangun waduk lantaran ketiadaan lahan. Saat ini pihaknya tengah mencari lahan yang bisa dibuatkan waduk. Setelah nanti dijajaki, pihaknya akan lebih dahulu melakukan pembebasan lahan, baru kemudian dilakukan pengerjaan waduk.

“Nanti pembangunan dan pembebasan lahan menggunakan APBD Kota Medan. Kalaupun nanti ada bantuan dari Kementrian PUPR, akan diatur lebih lanjut,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Medan, Parlaungan Simangunsong, menyarankan agar Pemko Medan membuat waduk sebanyak mungkin, terutama pada titik rawan banjir. Khusus daerah yang lebih rendah dari waduk, diharapkan menyiapkan pompa air.

“Drainase kota yang selama ini dibangun Pemko Medan tidak terkoneksi dengan pembuangan yang mengarah ke muara atau sungai. Selain pembuatan waduk, menormalisasi drainase dan menata ulang drainase supaya terkoneksi satu dengan lainnya secara keseluruhan. Artinya, pemetaan infrastruktur di kota ini belum berjalan,” sarannya.

Lebih lanjut Parlaungan mengatakan, untuk solusi jangka panjang, keberadaan waduk tidak hanya untuk mengurangi potensi genangan air di Kota Medan. Waduk tersebut juga berguna sebagai tempat penyimpanan air di kala Kota Medan kekurangan air bersih.

“Pemko Medan nantinya bisa menjual air tersebut ke PDAM Tirtanadi, kalau mereka kekurangan sumber air bersih dan itu bisa menjadi sumber PAD bagi kota ini,” pungkasnya seraya mengatakan lokasi waduk itu juga bisa menjadi objek wisata bagi warga Kota Medan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wakil Ketua PN Medan Kelas IA Khusus Dilantik

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menghadiri Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: