Home / Medan / Almisbat Desak Kapolri Tangkap Penghina Suku di Facebook
foto: Deputi IV Kepala Staf Presiden, Eko Sulistyo di sa acara relawan Almisbat.

Almisbat Desak Kapolri Tangkap Penghina Suku di Facebook

MEDAN, Waspada.co.id – Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) mendesak Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Pol Tito Karnavian, menggunakan wewenangnya sebagai penegak hukum menangkap Faisal Abdi penghina Suku Batak di akun facebook.

Ketua Relawan Almisbat, Sahat Simatupang, didampingi Sekretaris Ustad Zulkarnain dan Bendahara Ihutan Pane, Sabtu 30 Juni 2018, kepada wartawan mengatakan, sikap pemilik akun facebook bernama Faisal Abdi tidak bisa dibiarkan.

“Dia menghina secara sangat kasar dan rasialis suku Batak. Dia sudah melukai hati jutaan orang Batak tidak hanya di Sumut, tapi di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri,” kata Sahat.

Bahwa pemilihan gubernur Sumut, sambung Sahat tidak ada kaitannya dengan suku. ” Tidak semua orang Batak mendukung Djarot – Sihar (Djoss). Ada juga pendukung Edy Rahmayadi – Musa Rajekshah (Eramas). Jadi jangan menghina Orang Batak karena Pilkada. Kami minta Kapolri tangkap dan proses hukum Faisal Abdi agar Suku Batak tenang.” Ujar Sahat.

Senada dengan Sahat, Ustad Zulkarnain, meminta polisi bertidak cepat terhadap penghina suku agar kehidupan antar suku di Indonesia rukun.

“Faisal Abdi adalah contoh orang yang tidak Pancasilais dan tidak memahami kehidupan keberagaman karena tidak menghargai perbedaan suku. Saya bukan orang Batak tapi marah membaca postingan akun facebook Faisal Abdi. Kalau polisi memerlukan tenaga kami, pemilik akun facebook Faisal Abdi bisa kami lacak.” ujar Ustad Zulkarnain yang juga Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumut.

Bendahara Almisbat Ihutan Pane menyebut perilaku Faisal Abdi tidak mencerminkan sikap sebagai warga negara yang baik dan menghormati pilihan politik setiap warga negara.’ Saya tak tahu apakah pemilik akun facebook bernama Faisal Abdi sengaja disuruh menghina orang Batak oleh tim Eramas. Agar kasus ini tidak menimbulkan kegaduhan dan apa motif dia menghina orang Batak diketahui publik sebaiknya polisi segera menangkap dan memprosesnya sesuai hukum.” ujar Ihutan Pane yang merupakan mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).(wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Dipecat Prabowo, Relawan Jokowi Tawarkan Ratna Bergabung

MEDAN, Waspada.co.id – Aktivis dan pegiat seni Ratna Sarumpaet resmi dipecat dari juru kampanye Badan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: