_
Home / Medan / Aliansi Mahasiswa Bidang Hukum Dukung Revisi UU KPK
WOL Photo

Aliansi Mahasiswa Bidang Hukum Dukung Revisi UU KPK

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan Aliansi Mahasiswa Bersatu Bidang Hukum berunjuk rasa mendukung revisi UU 30/2002 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Sabtu (7/9)

Koordinator aksi, Andri Hantoro, menyampaikan revisi UU KPK bukan untuk melemahkan, namun justru menguatkan KPK.

“Ada sejumlah poin yang disepakati mereka tentang penguatan KPK melalui revisi UU KPK. Satu yang krusial adalah bahwa kedudukan KPK sebagai lembaga penegak hukum berada pada cabang kekuasaan eksekutif. Sedangkan pegawai KPK adalah ASN yang tunduk kepada undang-undang”, ungkapnya saat berorasi menyampaikan dukungan di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di bundaran air mancur.

Andri menegaskan, bahwa mereka mendukung keputusan panitia seleksi Calon Pimpinan KPK yang saat ini sedang bergulir, serta meminta Komisi III DPR RI untuk tidak terpengaruh oleh hasutan-hasutan para pihak yang mempunyai kepentingan terhadap 10 Capim KPK yang dipilih panitia seleksi.

Poin terakhir, Andri menyebutkan revisi UU KPK untuk mengatur tentang adanya penghentian penyidikan dan penuntutan yang perkaranya tidak selesai dalam satu tahun.

“Penghentian kasus itu harus dilaporkan ke Dewan Pengawas KPK dan diumumkan ke publik,” pungkas mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panca Budi tersebut.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

Mahasiswa Salahkan Presiden Sebelum Bakar Diri di Restoran Universitas

LYON, Waspada.co.id – Seorang mahasiswa berusia 22 tahun di Prancis berada dalam kondisi kritis setelah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.