Home / Fokus Redaksi / Aksi 1000 Lilin Kutuk Teror Bom di Medan Diberitakan Media AS
foto: getty images

Aksi 1000 Lilin Kutuk Teror Bom di Medan Diberitakan Media AS

Waspada.co.id – Aksi kecaman atas tragedi bom di 3 gereja Surabaya disuarakan lewat aksi menyalakan 1000 lilin di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (13/5). Aksi ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, ormas, OKP dan warga kota Medan.

aksi-lilin1Aksi inipun turut dipantau media asing seperti CNN, media internasional ternama Amerika Serikat. CNN juga mempublikasikan melalui Akun Instagram-nya. Berikut foto-fotonya;

Dalam aksi itu, beberapa tokoh agama juga hadir dalam aksi tersebut. Diantaranya adalah Ustadz Martono dan Bhikkhu Dhirapunno. Kehadiran tokoh agama ini juga sekaligus mendoakan para korban tragedi bom di Surabaya.

“Di dalam agama tidak ada mengajarkan seperti itu. Mereka menafsirkan Alquran secara sepihak. Sehingga tidak menjadikan Al Quran itu sebagai Rahmatan Lil Alamin. Sehingga mereka bisa melakukan perbuatan pemboman dan mengatasnamakan agama. Ini melukai seluruh bangsa Indonesia,” kata Ustadz Martono.

Sementara, Bhikku Dhirapunno menekankan, tragedi itu bisa jadi semangat pemersatu bangsa Indonesia. “Berusaha saling mengerti satu sama lain. Dengan kejadian ini semakin menyatukan kita, untuk saling menjaga. Untuk bersama sama menjaga kerukunan NKRI. Kita berbeda iman tapi kita bersatu dalam kemanusiaan,” katanya.

Koordinator Aksi Irfan Silalahi mengatakan, aksi ini digagas secara mendadak. Begitu mendengar kabar ada ledakan bom di Surabaya, mereka kemudian menyebar undangan melalui media sosial. Irfan mengaku tidak menyangka, aksi itu mendapat respon dari banyak pihak.

aksi-lilin4

“Kami dari Indonesia Peduli Kemanusiaan menyatakan sikap menolak segala bentuk radikalisme dan menolak terorisme. Kami sampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada seluruh korban yang ada di Surabaya,” kata Irfan.

Tak hanya di Medan, di Surabaya sendiri juga digelar aksi serupa. Bahkan aksi ini dilakukan secara spontan dan serentak di beberapa daerah di Pulau Jawa dan Kalimantan. (wol/ags/data2)

Editor: Austin Tumengkol

Check Also

DPR Minta Payung Hukum Turunan UU Terorisme Segera Diterbitkan

  JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya menyetujui revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: