_
Home / Medan / Akhyar Minta Gramedia Terbitkan Kisah Legenda di Medan
WOL Photo/M. Rizki

Akhyar Minta Gramedia Terbitkan Kisah Legenda di Medan

MEDAN, WOL – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menyebutkan, Kota Medan memiliki banyak legenda. Di antaranya legenda Putri Hijau, Meriam Puntung dan kisah Naga. Gramedia yang merupakan salah satu toko buku di Kota Medan, diharapkan dapat menerbitkan legenda-legenda Kota Medan tersebut yang sudah mulai sedikit ditemukan di Kota Medan. Hal ini dikatakannya saat menerima audiensi Gramedia Reading Community Competition di Kantor Wali Kota Medan, Rabu (27/7).

Audiensi tersebut dalam rangka mengundang Wali Kota Medan untuk hadir memberikan award kepada para juara Gramedia Reading Community Competition di Santika Dyandra Medan pada tanggal 6 Agustus 2016 mendatang.

Akhyar mengatakan, anak-anak pada saat ini sudah mulai jarang menggunakan buku untuk membaca, kebanyakan anak-anak saat ini menggunakan gadget untuk membaca dan menambah wawasan mereka.

“Taman baca tersebut berada dipinggir sungai, kemudian dikelola oleh camat dan lurah daerah tersebut dan dibangun kolam ikan agar menambah kesan nyaman bagi para pembaca. Lokasi taman tersebut tepatnya di Tegal Sari Mandala III,” jelasnya pada perwakilan Gramedia, soal kunjungannya di Kecamatan Medan Denai untuk melihat taman baca.

Menanggapi penggunaan gadget untuk membaca dan menambah wawasan, Syaiful Bahri, General Manager Gramedia se-Sumatera mengungkapkan, akses gadget di kota memang mudah, namun untuk daerah yang digarap komunitas pengikut kompetisi ini jauh dari akses penggunaan gadget.

“Komunitas yang mengikuti kompetisi ini pada khususnya menjangkau anak-anak yang berada dikampung, yang kebanyakan membantu orang tuanya di ladang. Untuk daearah anak-anak tersebut, akses penggunaan gadget sangat sulit, untuk itu kita dukung mereka dalam meningkatkan minat baca dalam menambah wawasan mereka,” paparnya.

Syaiful menambahkan, Gramedia Reading Community Competition merupakan lomba komunitas baca yang diadakan Gramedia pada Bulan Maret sampai dengan Mei 2016. Kompetisi ini digelar dalam upaya meningkatkan minat dan budaya membaca para generasi muda Indonesia. Semua orang yang memiliki hobi membaca buku dan kemudian saling berbagi bacaannya dapat bergabung dan membentuk komunitas baca.

“Kami sudah memilih 10 besar se-Sumatera, dan nantinya pada acara tersebut akan diberikan penghargaan kepada mereka. Untuk juara I Sumatera akan diadu lagi dengan regional lain di Jakarta. Para pemenang akan diberikan hadiah berupa dana dan untuk hadiah sumbangan buku akan diberikan setiap bulannya,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Cara Unik Wakil Wali Kota Medan dan Gubsu Sapa Warganya

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama Gubsu Edy Rahmayadi mengarungi Sungai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.