Home / Medan / Akhyar: Kreativitas Anak Harus Dipupuk Sejak Belia
WOL Photo

Akhyar: Kreativitas Anak Harus Dipupuk Sejak Belia

MEDAN, WOL – Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, mengatakan kreativitas dan kemandirian semestinya diajarkan kepada anak sejak belia. Hal itu sangat penting sebagai bekal mereka dalam menapaki masa depannya.

Itu sebabnya Pemko Medan sangat mendukung digelarnya kegiatan Ekonomi Mandiri Siswa (Emas) yang digelar Perguruan Al Fityan di Lapangan Al-Fityan School, Jalan Keluarga Lingkungan IX, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (5/3).

Menurut Akhyar, kegiatan itu dinilainya dapat menumbuhkembangkan kreativitas dan jiwa mandiri sejak usia belia.

“Kegiatan ini dapat menjadi model atau dicontoh dalam hal memberi ruang berkreasi, berwirausaha, dan melatih kemandirian siswa usia belia,” kata Akhyar.

Lebih jauh, Akhyar mengatakan wirausaha bukan hanya dunia orang dewasa, tetapi juga bisa menjadi dunia anak-anak. Bedanya, wirausaha pada anak membutuhkan bimbingan dan dukungan dari orang tua maupun guru.

“Pada usia belia, anak-anak yang belajar berwirausaha akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. Kreativitas yang terlatih sejak dini ini akan menjadi modul utama produktivitas dan kemandirian anak kala dewasa,” jelas Akhyar.

Ditambahkan mantan anggota DPRD Medan itu, untuk bisa kreatif, anak harus tumbuh dalam suasana yang aman dan bebas secara psikologis. Aman berarti anak tidak banyak dicela atau dikritik berlebihan oleh orang tuanya. Bebas artinya anak diberi kesempatan melontarkan ide maupun mimpi-mimpinya.

“Kegiatan Emas ini merupakan salah satu ajang wirausaha yang memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif dan berani membuat terobosan serta memprestasikannya. Kita patut memberi apresiasi tinggi dan berharap kegiatan ini terus dilakukan secara rutin,” ungkapnya.

Direktur Al Fityan, H Hanafi Lc, mengemukakan kegaitan ini sudah berlangsung selama lima kali. Sejak awal memang dirancang untuk dapat menumbuhkan kreativitas dan kemandirian anak melalui wirausaha.

“Kita sangat berterima kasih kepada guru dan orang tua siswa yang telah memberi dukungan yang cukup besar untuk mensukseskan acara ini. Kita berharap, dari kegiatan ini akan lahir generasi yang cerdas, kreatif, dan mandiri,” tutup Hanafi.(wol)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pemko Medan Diminta Segera Kuasai Lahan Parkir Eks Medan Plaza

MEDAN, Waspada.co.id – Sesuai keputusan Mahkamah Agung Nomor 2/603/PDT/1997/ tertanggal 28 Oktober 1998, Lahan parkir ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: