Home / Medan / Akhir Desember, Jalur Layang KA Siap Beroperasi
WOL Photo

Akhir Desember, Jalur Layang KA Siap Beroperasi

MEDAN, Waspada.co.id – Akhir Desember 2018 mendatang, Balai Teknik Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memastikan jalur Layang Kereta Api Medan – Kualanamu sudah siap beroperasi.

Pejabat Pembuat Komitmen Medan 1 Balai Teknik (Baltek) Perkeretaapian Kemenhub RI, Fahrul Rifai Hasibuan, mengatakan bahwa pengerjaan sudah sampai dengan 91 persen.

“Saat ini kita masih melakukan penyelesaian box girder dan pemasangan bantalan rel dari Stasiun Medan – Mandala. Penyelesaian untuk pembuatan pemasangan Box Girder dan PCI Girder serta juga sedang melaksanakan pemasangan balas atau bantalan las rel yang sudah dilaksanakan dari daerah Mandala sampai ke arah stasiun Medan,” tuturnya didampingi Humas Manager PT KAI Divre I Sumut, Ilud Siregar, Kamis (13/9).

Baltek memang menargetkan pengerjaan bisa diselesaikan pada akhir Desember mendatang dan saat ini untuk lintasan sudah bisa beroperasi.

“Saat ini yang belum selesai yaitu Stasiun Medan, untuk pemasangan rel juga masih sekitar 5 kilometer lagi dan ada beberapa span atau tiang pemancang lagi yang belum diselesaikan,” ungkapnya.

Ada sekitar 213 tiang pemancang yang akan dibangun dan saat ini lebih kurang tersisa 51 tiang pemancang lagi yang belum dibangun dan akan segera dibangun.

“Dan untuk saat ini kendala pengerjaan jalur layang tersebut tidak ada dan masih sesuai waktu yang telah ditentukan.. Sisa pengerjaan sekitar 10 persen akan terus dikerjakan serta ditargetkan selesai dalam waktu empat bulan ke depan atau di Desember semua pengerjaan sudah bisa selesai dan bisa digunakan,” terangnya.

Jalur kereta api ini nantinya akan tetap digunakan, hanya saja adanya jalur layang maka akan bisa meminimalisir kemacatan karena kedua jalur sudah bisa digunakan.

Ia menambahkan, halte menggunakan stasiun termasuk juga di Stasiun Medan. Stasiun Aras Kabu sudah selesai, Bandar Kalifa sudah selesai dan Stasiun Batangkuis juga sudah selesai, sehingga sudah bisa digunakan.

“Jalur layang kereta api ini memiliki panjang sekitar 10,8 kilometer yaitu dari Mandala, Medan sampai ke arah Brayan. Hingga saat ini pengerjaan rel sudah dilakukan 4 kilometer dan sisa sekitar 6 kilometer lagi yang hingga saat ini terus dikerjakan,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

PNS Sumut Juara 1 Korupsi di Indonesia, Ini Komentar Warga

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 12 September 2018 lalu, memaparkan bahwa terdapat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: