_
Home / Medan / Advokat PBHI Sumut: Putusan Perkara Bastian Colia Keliru
WOL Photo

Advokat PBHI Sumut: Putusan Perkara Bastian Colia Keliru

MEDAN, Waspada.co.id – Pengadilan Negeri Medan menggelar sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK) sengketa tanah milik Yayasan Ikatan Masehi untuk Kepemudaan Am (IMKA) yang berlokasi di Jalan Timor, Kelurahan Gaharu, Kecamatan Medan Timur, dengan agenda pembacaan Kesimpulan.

Dalam isi kesimpulan, kuasa hukum Bastian Colia dari Advokat Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Sumut, Joice Novelin Ranapida, meminta agar hakim dapat mengabulkan permohonan PK yang diajukan.

Pasalnya, keputusan hakim di sidang sebelumnya mengandung kehilafan atau kekeliruan yang nyata.

“Memohon agar hakim membatalkan putusan PN Medan, No 22 pid.C/2018/PN.Medan, tanggal 19 November 2018 jo dan putusan pengadilan tinggi Medan, No 1218/Pid.Sus/2018/PT MDN, Tanggal 16 Januari 2019,” jelasnya, Senin (19/8).

Lebih lanjut, Joice menuturkan kalau hakim telah keliru menghukum pemohon Bastian Colia PK karena hanya di dasarkan pertimbangan formal saja.

“Telah benar dan terbukti hakim keliru menghukum pemohon dengan di dasarkan pertimbangan formal yaitu semata-mata hanya pada kepemilikan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), padahal proses pemeriksaan perkara pidana dilaksanakan dengan mendasarkan pada kebenaran material,” ungkapnya.

“Maka sudah sepatutnya yang mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia membatalkan putusan PN Medan,” tambahnya.

Pantauan Waspada Online, Tim Advokat PBHI Sumut juga membawa tiga orang saksi untuk menghadiri persidangan.

Hakim Ketua Pengadilan Negeri Medan, Morgan Simanjutak, menuturkan akan melanjutkan persidangan dua minggu ke depan dengan agenda para pemohon dan termohon untuk menandatangani berita acara.

“Sidang ditunda sampai dua minggu ke depan dengan acara penandatanganan berita acara oleh termohon dan termohon,” pungkasnya.(wol/lvz/ryan/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Dukun Sabu Divonis 1 Tahun Penjara

MEDAN, Waspada.co.id – Perilaku Wisono Maulana memang tidak pantas di contoh. Pasalnya, bukannya melaporkan ke ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.