Home / Medan / 80 Dosen FK UMI Pelatihan Pengayaan Pembelajaran
WOL Photo/Ist

80 Dosen FK UMI Pelatihan Pengayaan Pembelajaran

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah 80 Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) mendapat pelatihan bertajuk Pengayaan Pembelajaran bagi Dosen FK UMI yang digelar di Kampus II UMI, Jalan Setiabudi Pasar II Tanjungsari Medan, Sabtu (8/9).

Didaulat sebagai pembicara, dr Surya Akbar MMedEd, memaparkan tentang Problem-Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Dikatakan, PBL adalah strategi pendidikan yang menggunakan masalah atau problem sebagai stimulus untuk mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan guna memahami masalah dan menemukan penyelesaiannya. Metode ini merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan terintegrasi.

Metode ini, sebutnya, bertujuan untuk meningkatkan keaktifan, kemandirian dan kemampuan mahasiswa dalam belajar dan berpikir secara kritis, agar nantinya mereka mempunyai kebiasaan belajar seumur hidup.

“Selain itu, metode ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama dan ketrampilan berkomunikasi karena dalam pelaksanaannya mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan aktif berdiskusi,” tandasnya.

Dalam pelatihan itu, hadir juga selaku pembicara dr Evirosa Juliartha Simanjuntak tentang Mempersiapkan Problem Based Learning bagi Mahasiswa Kedokteran, dr Endy Julianto MKT tentang Pengetahuan PBL serta dr Harry C Simanjuntak SpOG tentang Membangun PBL dan skill Lab ke dalam kurikulum serta dr. Ivonne Situmeang MKes dengan materi Interprofesional Education .

Dekan FK UMI, dr Eka Samuel Hutasoit SpOG MM, menyebutkan bahwa pelatihan kepada dosen bertujuan dalam peningkatan mutu dosen di FK UMI dalam melahirkan lulusan mahasiswa yang berkualitas. Apalagi saat ini FK UMI tengah mempersiapkan peningkatan akreditasi menuju akreditasi B.

“Dan pelatihan-pelatihan seperti saat ini akan terus menerus dilakukan guna mempercepat FK UMI menuju akreditasi B,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Dekan I, dr Ester Sitorus MKed (PA) SpPA, Wakil Dekan II, dr Alexander P Marpaung MKT, Wakil Dekan III, dr Harry Butarbutar SpB. Tampak juga hadir seluruh Jajaran Fungsionaris FK UMI.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Mengenal Penyakit Langka Blackfan Diamond Anemia dan Penyebabnya

  NAMA penyakit Blackfan Diamond Anemia atau yang sering disingkat BDA memang jarang terdengar di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: