_
Home / Medan / 8 Remaja asal Korea Ikuti Pertukaran Pelajar SLTA di Medan
WOL Photo

8 Remaja asal Korea Ikuti Pertukaran Pelajar SLTA di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah 8 pelajar dari Kota Ichikawa, Jepang mengunjungi Balai Kota Medan, Selasa (13/8). Kunjungan dilakukan dalam rangka program pertukaran pelajar guna mempererat hubungan sister city antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa yang telah dijalin sejak tahun 1989.

Kedatangan ke delapan pelajar Kota Ichikawa bersama didampingi Mrs Emi Komatsu dan Mrs Yuki Hirose, mereka diterima Wali Kota Medan Dzulmi Eldin diwakili Wakil Wali Kota Akhyar Nasution didampingi Asisten Ekbang Setdako Medan Khairul Syahnan, Kabag Hakda Setdako Medan Rivai Nasution serta Kabag Humas Setdako Medan Arrahman Pane.

Rencananya kedelapan pelajar itu akan berada di Kota Medan selama 9 hari mulai 12 sampai 20 Agustus. Selama berada di Kota Medan, mereka akan tinggal di rumah orang tua asuh masing-masing. Selain menjalani program pertukaran pelajar, mereka juga akan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi RI.

Di samping itu kedelapan pelajar akan menyaksikan karnaval serta makan malam bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. Tidak itu saja, mereka akan magang di sejumlah sekolah di Kota Medan. Diharapkan melalui program pertukaran pelajar ini, mereka dapat bertukar ilmu pengetahuan, serta mengembangkan dialog dan kesepahaman antar pelajar.

Adapun kedepalan pelajar dari Kota Ichikawa itu yakni Ruka Kiuchi akan magang di SMA Negeri 1 Medan, Chiharu Suda (SMA Negeri 1 Medan), Kana Yoshino (SMA Negeri 1 Medan), Shuhei Nimura (SMA Negeri 1 Medan), Arika Wada (SMA Prime One), Hinaka Tanno (SMA Syafiyyatul Amaliyyah), Aoi Sudo (SMA Syafiyyatul Amaliyyah), dan Satoru Tsumura (SMA Harapan 1).

Di hadapan kedelapan pelajar beserta pendamping, Wakil Wali Kota pun mengucapkan selamat datang di Kota Medan. Dikatakannya, Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara dengan wilayah luasnya 26.510 hektar, serta terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan dan 2001 lingkungan.

Penduduk Kota Medan, jelas Akhyar, lebih kurang 2,4 juta jiwa yang terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama. Meski demikian semua hidup berdampingan dengan rukun dan damai, sehingga kota medan selama ini relatif dalam suasana kondusif. Di samping 2,4 juta jiwa penduduk imbuhnya, Kota Medan juga memiliki sekitar 500.000 arus komuter.

“Saya ucapkan selamat datang ke Kota Medan. Selama berada di Medan, saya berharap semua merasa senang dan betah sehingga begitu kembali ke Kota Ichikawa Ichikawa dapat membawa pengalaman yang berharga,” kata Wakil Wali Kota.

Selanjutnya Wakil Wali Kota menjelaskan, pertukaran pelajar merupakan bagian dari peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin pada berbagai sektor kehidupan, khususnya antara Kota Medan dengan Kota Ichikawa.

“Saya rasa program ini cukup efektif dalam dunia pendidikan. Selain bertukar ilmu pengetahuan, pelajar Kota Ichikawa di Kota Medan ini juga mendapat pengalaman serta memiliki jaringan pertemanan baru yang dapat terus terjalin hingga dewasa nantinya,” ungkapnya.

Akhyar juga berharap selama para pelajar tinggal di Kota Medan, mereka merasa tenang dan nyaman layaknya seperti tinggal di Kota Ichikawa sendiri. Diharapkannya, segala keindahan Kota Medan dapat meninggalkan kesan yang baik dan positif.

“Saya juga berharap agar para pelajar dapat menjadi duta budaya dan persahabatan bagi masyarakat Kota Medan. Perkenalkanlah Kota Ichikawa kepada masyarakat Kota Medan, tetaplah bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di Kota Medan ini,” harapnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Warga Kelurahan Teladan Barat Belum Ikut Program KIA

MEDAN, Waspada.co.id – Kementerian Dalam Negeri meluncurkan Program Kartu Identitas Anak (KIA). Namun informasi itu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.