Home / Fokus Redaksi / 74 Personil Polda Sumut Dipecat
WOL Photo

74 Personil Polda Sumut Dipecat

MEDAN, Waspada.co.id – Kepolisian Daerah Sumatera Utara memecat 74 personil yang terlibat pelanggaran jabatan dan melakukan tindak pidana selama 2017.

“Mereka dipecat karena terlibat kasus disersi atau meninggalkan tugas, tindak pidana narkoba, tindak pidana penipuan dan penggelapan, tindak pidana pencurian, tindak pidana pembunuhan, dan tindak pidana perbuatan cabul,” terang Karo SDM Polda Sumut, Kombes Pol Ketut Swardan, Selasa (17/7).

Dijelaskan, dari 74 anggota yang dilakukan PTDH berpangkat Kompol 1 personil, Aiptu 9 personil, Aipda 2 personil, Bripka 18 personil, Brigadir 20 personil, Briptu 17 personil, dan Bripda 7 personil.

Mereka yang di PTDH, lanjut Ketut, karena melakukan pelanggaran tindak pidana narkoba 15 personil, meninggalkan tugas 49 personil, tindak pidana penipuan dan penggelapan 3 personil, tindak pencurian 5 personil, tindak pidana pembunuhan 1 personil dan tindak pidana perbuatan cabul 1 personil.

Untuk 2017, Bulan Januari ada 20 personil yang di PTDH, Juni 21 personil, Juli 16 personil, dan Desember 17 personil yang di PTDH.

“Setelah data PTDH sudah dikumpulkan, baru saya akan melaporkan kepada Kapolda Sumut, baru Kapolda yang mengizinkan. Laporan saya ke Kapolda Sumut, hasil rapat kordinasi untuk anggota Polri yang PTDH sebanyak 74 dengan pangkat, NRP dan atas nama anggota personil yang dilakukan PTDH. Hasil rapat PTDH dihadiri Irwasda, Propam Biro SDM, Bidkum,” ungkapnya.

Ditanya awak media, untuk Januari sampai Juni 2018 berapa yang di PTDH, Kombes Pol Ketut Swardana, menjelaskan ada 17 personil yang sudah selesai sidang.

“Ada 17 yang sudah selesai sidang dan saat ini masih diajukan ke Kapolda Sumut,” jelasnya.

Karo SDM Polda Sumut kemudian menjelaskan persyaratan admistrasi penerbitan keputusan PTDH bagi anggota Polri yakni surat usulan dari Kasatker, berkas daftar pemeriksaan pendahuluan pelanggaran disiplin atau kode etik.

“Putusan sidang disiplin dan KKEP yang berkekuatan hukum tetap dengan rekomendasi PTDH,” pungkasnya. (wol/lvz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Kapoldasu: Masalah Jabatan Urusan Tuhan dan Pimpinan

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, mengatakan dirinya siap ditugaskan di mana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: