Home / Medan / 74 Personil Dipecat, Kapoldasu Diminta Tingkatkan Pengawasan Anggota
WOL Photo

74 Personil Dipecat, Kapoldasu Diminta Tingkatkan Pengawasan Anggota

MEDAN, Waspada.co.id – Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Medan, Surya Adinata, meminta Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw, untuk meningkatkan pengawasan kinerja anggota.

Hal itu mengingat selama 2017 sebanyak 74 personil dipecat secara tidak hormat karena terlibat berbagai pelanggaran.

“Sejumlah 74 bukan angka kecil sehingga hal ini membuktikan banyaknya polisi nakal di institusi kepolisian yang tentunya sudah mencoreng nama institusi,” ungkapnya kepada Waspada Online, Rabu (18/7).

Surya mengungkapkan, pemecatan terhadap personi yang terlibat pelanggaran merupakan bentuk ketegasan Kapoldasu membersihkan institusi dari personil nakal.

“Saya mengapresiasi langkah tegas Kapoldasu membersihkan personil yang melakukan pelanggaran. Kedepannya diminta untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap kinerja para anggota agar polisi yang didambakan masyarakat dapat terwujud dengan baik,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Sumut selama 2017 memecat 74 personil yang terlibat pelanggaran jabatan dan melakukan tindak pidana.

“Mereka dipecat karena terlibat kasus disersi atau meninggalkan tugas, tindak pidana narkoba, tindak pidana penipuan dan penggelapan, tindak pidana pencurian, tindak pidana pembunuhan, dan tindak pidana perbuatan cabul,” terang Karo SDM Polda Sumut, Kombes Pol Ketut Swardan.

Dijelaskan, dari 74 anggota yang dilakukan PTDH berpangkat Kompol 1 personil, Aiptu 9 personil, Aipda 2 personil, Bripka 18 personil, Brigadir 20 personil, Briptu 17 personil, dan Bripda 7 personil.

Mereka yang di PTDH, lanjut Ketut, karena melakukan pelanggaran tindak pidana narkoba 15 personil, meninggalkan tugas 49 personil, tindak pidana penipuan dan penggelapan 3 personil, tindak pencurian 5 personil, tindak pidana pembunuhan 1 personil dan tindak pidana perbuatan cabul 1 personil.

Untuk 2017, Bulan Januari ada 20 personil yang di PTDH, Juni 21 personil, Juli 16 personil, dan Desember 17 personil yang di PTDH.(wol/lvz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Pegasus Bekuk Maling Rumah Mewah

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Pegasus Polsek Medan Sunggal menangkap buronan kasus bobol rumah mewah dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: