Home / Medan / 7 Investor Untuk Danau Toba, BI Optimis Pariwisata Semakin Berkembang
Kepala Grup Sistem Pembayaran BI Sumut, Andiwiana Septonarwanto.

7 Investor Untuk Danau Toba, BI Optimis Pariwisata Semakin Berkembang

MEDAN, Waspada.co.id – Adanya investasi sekitar Rp6,1 triliun dengan lahan pengembangan seluas 77,5 hektar di kawasan Danau Toba. Bank Indonesia (BI) semakin optimis sektor pariwisata semakin berkembang.

Sektor ini diharapkan dapat menjadi salah satu sektor unggulan mendongkrak perekonomian Sumatera Utara.

Kepala Grup Sistem Pembayaran BI Sumut, Andiwiana Septonarwanto, mengatakan, Bank Indonesia menyambut bahagia dengan kesepakatan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Kementerian Pariwisata bersama tujuh investor menandatangani perjanjian kerjasama investasi. Perjanjian investasi ini sebagai rangkaian acara IMF–World Bank Group Annual Meeting di Bali beberapa waktu lalu.

“Ketujuh investor tersebut, lanjutnya, yakni, PT Gaia Toba Mas, PT Agung Concern, PT Alas Rimbawan Lestari, PT Gamaland Toba Properti, PT Crystal Land Development, PT Asset Pacific dan PT Arcs House-Jambuluwuk,” tuturnya, Jumat (19/10).

Seperti diketahui, sudah disepakati investasi sebesar Rp6,1 triliun untuk kawasan Danau Toba dengan 7 investor. Bagi kami, ini menambah optimisme bahwa sektor pariwisata di Sumut semakin berkembang dan bisa menjadi salah satu sektor unggulan setelah sektor komoditi ekonomi.

“Tentunya jika investasi sebesar Rp6,1 triliun ini bisa cepat direalisasikan, BI juga lebih optimis bahwa target 1 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut di 2019 bisa tercapai,” katanya.

Investasi bisa dipakai untuk bisnis hospitality artinya pengembangan hotel, restoran dan objek wisata di kawasan Danau Toba.

“Pariwisata yang berbasis kegiatan dan event tentu membutuhkan infrastruktur. Infrastruktur ini yang dibutuhkan Danau Toba dan sekitarnya yang akan menjawab peluang pariwisata di masa depan, serta menjadi destinasi wisata dunia,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Membuka Potensi Desa Wisata Pulo Sibandang di Danau Toba

MUARA,Waspada.co.id – Kekayaan yang dimiliki Danau Toba membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tiada henti mengeksplorasi potensi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: