Breaking News
Home / Medan / 58 Dokter Lulusan UMI Diambil Sumpah
WOL Photo

58 Dokter Lulusan UMI Diambil Sumpah

MEDAN, Waspada.co.id – Lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Methodist Indonesia (UMI) harus bisa menyesuaikan kebutuhan zaman. Di mana, seluruh dokter baru yang dilantik diharuskan untuk mempersiapkan diri menghadapi pesatnya kemajuan teknologi khususnya di bidang Kedokteran.

Hal tersebut dikatakan Rektor UMI, Ir Pantas Simanjuntak MM, dalam sambutannya pada acara pengambilan Sumpah Dokter Angkatan ke-144 FK UMI yang digelar di Grand Ballroom Istana Koki Medan, Sabtu (21/4).

Apalagi masuk era digitaliasi dan industri yang mengharuskan lulusan dokter punya kompetensi lebih baik serta mampu berinovasi seiring berkembangnya dunia kedokteran seperti saat ini. “Itu membuat kita juga harus mengikuti perkembangan zaman. Termasuk para lulusan FK UMI yang juga harus bersiap diri untuk menghadapinya. Sebab, jika tidak mempersiapkan diri maka kalian akan tertinggal,” harapnya sembari mengucapkan selamat kepada para dokter baru yang telah disumpah.

Sebelumnya, pengambilan sumpah 58 dokter tersebut dipimpin langsung oleh Dekan FK UMI, dr Eka Samuel P Hutasoit SpOG MM. Dalam pengangkatan sumpah dokter itu, satu persatu dokter yang diangkat sumpah dipanggil untuk menerima lembar lafal sumpah dokter, didampingi pemuka agama mereka membacakan sumpah yang turut diperdengarkan oleh para orangtua.

“Selamat kepada para dokter, ada 58 dokter, yang diambil sumpah dokternya. Ini baru langkah awal dalam profesi dokter, kalian akan menjalani internship. Setelah nanti bertugas, kalian harus mampu bertugas dengan baik, bertanggung jawab sesuai sumpah dokter, jaga etika serta harus bertanggungjawab dalam melakukan tindakan medis ke depannya,” ujarnya sembari menyebutkan dalam sumpah dokter yang diikuti 58 dokter baru ini, total saat ini FK UMI Medan telah mencetak 3.575 dokter.

Dalam kesempatan itu juga, Dekan mengharapkan dukungan dari semua civitas akademik di FK UMI. Sebab, saat ini FK UMI tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi akreditasi nasional untuk menjadikan FK UMI terakreditasi ‘B’.

Masih dalam kesempatan itu, pengurus Ikatan Alumni, dr Renata Nainggolan Sp.PK, dalam sambutannya berpesan kepada para dokter baru untuk tetap berpegang teguh kepada sumpah dokter dalam menjalankan profesi dokter ke depannya.

“Selamat kepada adik-adik yang baru disumpah. Dan setelah ini harus terjun ke tengah masyarakat guna menjalankan peran sebagai pelayan masyarakat yang harus mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujarnya singkat.

Pada sumpah dokter tersebut, dr Chrisna Desnaria Tumanggor menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3.93. Dari 58 orang dokter yang diangkat sumpahnya terdapat 12 orang dokter yang mampu menyelesaikan studi dokter selama 5,5 tahun.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hilang 8 Hari, Turis Jerman Ditemukan Tewas di Air Terjun Dua Warna

SIBOLANGIT, WOL – Setelah delapan hari menghilang turis asal Jerman, Wolter Klaus, pendaki Gunung Sibayak, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: