Home / Fokus Redaksi / 54 Pasar Tradisional Medan Hanya Mampu Raup PAD Rp1,4 Miliar
WOL Photo
WOL Photo

54 Pasar Tradisional Medan Hanya Mampu Raup PAD Rp1,4 Miliar

MEDAN, Waspada.co.id – Ada yang menarik saat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Medan Tahun Anggaran 2017 yang dipimpin Rajuddin Sagala, di ruang Badan Anggaran gedung DPRD Medan.

Di mana PD Pasar yang mengelola 54 pasar tradisional di Kota Medan hanya mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,4 miliar di tahun 2017.

Hal itu terkuak saat Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya, memaparkan keberhasilannya dalam pembahasan LKPj yang akhirnya membuat para anggota pansus tersenyum sinis.

Anggota Pansus LKPj Wali Kota Medan Tahun Anggaran 2017, Mulia Asri Rambe, menilai tak ada yang patut dibanggakan Rusdi Sinuraya. Sebab, dengan menggunakan hitungan matematika dasar saja sudah dapat diketahui berapa PAD Pemko Medan dari puluhan pasar yang dikelola tersebut.

“Kotornya saja ya kita hitung. Kutipan di Pasar Petisah itu Rp4.000 per hari. Kalau ada 2.000 pedagaang berarti perhari Rp8 juta, sebulan Rp240 juta. Setahun Rp2,8 miliar. Itu baru satu pasar, itupun jumlah pedagang yang kita hitung minimal. Bagaimana dengan pasar lainnya?,” ujarnya mempertanyakan, kemarin.

Lebih lanjut politisi Golkar Kota Medan ini merinci. Disebutkannya PD Pasar Kota Medan mengelola 54 Pasar. “Banyak pasar lainnya, seperti Pusat Pasar, Pasar Induk. Jadi apa yang bisa dibanggakan kalau hanya bisa mendapatkan keuntungan Rp1,4 miliar,” sindirnya.

Kemudian anggota Pansus LKPj 2017 lainnya, Zulkarnain Yusuf Nasution, menyebutkan, jumlah aset dari seluruh pasar di Kota Medan diperkirakan mencapai Rp1 triliun lebih.

“Kalau total aset lebih dari Rp1 triliun hanya bisa menghasilkan Rp1,4 miliar, untuk apa? Tak bisa dibanggakan yang begitu,” ketus politisi PAN Medan ini.

Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya, saat pemaparan menyebutkan sejak awal dirinya menjabat kondisi PD Pasar mengkhawatirkan. Bahkan beberapa tahun terakhir kondisinya selalu merugi. Tapi, begitu berganti direksi, deviden yang dihasilkan di 2017 mencapai Rp1,4 miliar,” tukasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hendra DS. (WOL Photo/ M. Rizki)

Disnaker Medan Belum Mampu Kurangi Angka Pengangguran

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota akhir tahun 2017, Hendra ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.