Breaking News
Home / Medan / 3 Koruptor RSUD Kumpulan Pane Tebingtinggi Sidang Tuntutan
WOL Photo/Ilham
WOL Photo/Ilham

3 Koruptor RSUD Kumpulan Pane Tebingtinggi Sidang Tuntutan

MEDAN, WOL – Ketiga terdakwa atas kasus korupsi pengadaan Oxygen Central di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kumpulan Pane, Kota Tebingtinggi, jalani sidang agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (12/10).

Adapun di dalam persidangan yang dilangsungkan di Ruang Cakra V PN Medan, JPU Kanin menuntut ketiga terdakwa yakni Sekretaris RSUD Kumpulan Pane, Darwin Lubis sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bersama rekannya Direktur CV Arkah Mandiri, Efendi Sugara 2 tahun penjara denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan.

Kemudian, lanjut JPU, M Yanis selaku pelaksana kegiatan dituntut 2 tahun 6 bulan penjara dengan denda Rp50 juta subsider 15 bulan kurungan ditambah Uang Pengganti (UP) sebesar Rp115 juta subsider 15 bulan kurungan penjara.

“Ketiga terdakwa dituntut setelah terbukti dengan sah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi,” ucap JPU di persidangan yang diketuai hakim Saryana SH MH.

Setelah mendengarkan semua tuntutan yang dibacakan oleh JPU, majelis hakim yang diketuai hakim Saryana SH MH, menutup sidang dan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda nota pembelaan dari ketiga terdakwa.

Perlu untuk diingat, ketiga terdakwa ditangkap setelah Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebingtinggi melakukan penyelidikan laporan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bahwa telah terjadi kerugian negara sebesar Rp228 juta yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2012 senilai Rp2,1 miliar.

Selanjutnya, diketahui kerugian itu berasal dari pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) jenis Oxygen Central sebanyak 100 unit dan pertengahan tahun 2017 ketiganya ditahan oleh Kejari Tebingtinggi.(wol/iam/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: psg

Neymar, Bintang Brazil Paling Produktif Keempat

BRUSSELS, WOL – Satu gol Neymar ke gawang Anderlecht dalam kemenangan 4-0 yang diraih Paris ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.