Breaking News
Home / Medan / 23 Anggota DPRD Sumut Diduga Gelembungkan Tiket Pesawat
Ilustrasi
Ilustrasi

23 Anggota DPRD Sumut Diduga Gelembungkan Tiket Pesawat

MEDAN, WOL – Sekretariat DPRD Sumatera Utara membenarkan adanya 23 anggota dewan yang terindikasi melakukan penggelembungan tiket pesawat untuk perjalanan dinas.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Sumut, Effendi Batubara menyebutkan, pengadaan hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan dinas termasuk tiket perjalanan dinas anggota dewan keluar daerah telah direncanakan sebelumnya dalam rapat penentuan jadwal kegiatan legislatif oleh badan musyawarah (Banmus).

“Itukan sudah ada jadwalnya di Banmus kapan mereka berangkat dan berapa hari kegiatan dinasnya,” ujar Effendi kepada wartawan, Senin (29/6).

Ia menerangkan, apabila anggota dewan tidak dapat berangkat pada jadwal yang ditentukan di komisi, maka dapat membeli tiket menggunakan biaya sendiri. Kemudian bukti pengeluaran biaya tiket tersebut dapat diklaim untuk diganti oleh sekretariat sesuai harga tiket yang dibayarkan.

“Ada juga yang pakai biaya sendiri dulu. Setelah pulang, baru nanti tiketnya diklaim ke kita (sekretariat). Berapa yang dikeluarkan, segitu juga yang dibayar,” tuturnya.

Sebagaimana tertera dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2014, khusus di lingkungan DPRD Sumut pada selama periode November-Desember, terdapat selisih harga tiket pesawat untuk perjalanan dinas dari 13,6 persen hingga 91,5 persen dari harga sesungguhnya setelah melalui proses konfirmasi.

Selisih dengan persentase terbesar dalam laporan tersebut ada di perjalanan dinas ke Jakarta oleh anggota dewan inisial FS pada 19-22 November 2014. Dimana harga tiket pada Surat Perintah Jalan (SPJ) sebesar Rp4.247.100. Sementara hasil konfirmasi, harga sesungguhnya adalah Rp2.217.700, sehingga selisih harga sebesar Rp2.029.400 atau sebesar 91,5 persen.

Sedangkan untuk selisih terendah ada pada perjalanan dinas anggota dewan dengan tujuan dan jadwal yang sama seperti diatas dengan inisial AE. Dimana berdasarkan harga tiket menurut SPJ sebesar Rp3.798.300, dan setelah konfirmasi harga sesungguhnya Rp3.340.800, sehingga ditemukan selisih sebesar Rp457.500 atau sekitar 13,6 persen.

Untuk selisih harga tiket perjalanan anggota dewan inisial ZESMS, untuk perjalanan pulang pergi Medan-Jawa Timur pada 9-10 Desember 2014 sebesar Rp15.989.300. Setelah hasil konfirmasi, harga sesungguhnya Rp13.370.100 atau selisih Rp2.619.200 dengan persentase 19,5 persen. (wol/data2)

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: abc

Katy Perry Janji Jadi Juri Idol Baik Hati

LOS ANGELES, WOL – Setelah hiatus hampir selama 18 bulan, American Idol siap digelar kembali ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.