Newsticker
WOL / Fokus Redaksi / 21 Prajurit Kodam I/BB Dipecat
WOL Photo/Ega Ibra
WOL Photo/Ega Ibra

21 Prajurit Kodam I/BB Dipecat

MEDAN, WOL – Komando Militer Daerah (Kodam) I Bukit Barisan, melakukan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH) terhadap 21 prajurit yang melakukan pelanggaran keras.

Dalam pemberhentian itu, ke -21 prajurit terbukti terlibat kasus narkoba, pembunuhan, disersi dan pemalsuan.

“Ada 13 prajurit yang terbukti menggunakan narkoba, 1 kasus pembunuhan, 6 disersi, dan 1 kasus pemalsuan,” terang Kasdam I/BB, Brigjend TNI Tiopan Aritonang, usai melaksanakan upacara PDTH, di Lapangan Benteng, Jalan Kejaksaan, Jumat (17/2).

Disebutkan, pemecatan yang dilakukan sebagai bentuk ketegasan Kodam I/BB terhadap prajurit TNI yang terbukti melanggaran aturan/kode etik dari kesatuan.

“Jelas tidak ada kompromi terhadap para prajurit yang terlibat kasus narkoba atau lainnya. Sehingga, Pangdam I/BB mengeluarkan perintah untuk memecat dengan tidak hormat kepada prajurit yang terbukti ikut dalam peredaran narkoba,” sebutnya.

Kasdam menuturkan, dengan dipecatnya para prajurit yang terbukti melakukan pelanggaran, diharapkan ke depannya tidak ada lagi prajurit maupun PNS di Kodam I/BB yang bermain-main dengan narkoba dan pelanggaran kode etik.

“Semoga pemecatan ini menjadi pelajaran bagi prajurit lainnya agar tidak mencoba-coba ikut dalam peredaran narkoba,” tuturnya.

Tiopan menegaskan kepada seluruh prajurit TNI agar bekerja secara profesional ikut memerangi narkoba. Sebab, peredarannya sudah sangat meresahkan. Selain itu, bagi masyarakat apabila mengetahui adanya prajurit TNI yang menjadi pengguna maupun bandar agar segera melaporkannya.

“Mudah-mudahan PDTH ini yang terakhir. Tidak ada prajurit yang terlibat penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Pantauan Waspada Online di Lapangan Benteng, acara PDTH dilakukan secara simbolis. Kasdam I/BB yang menjadi inspektur upara langsung mencopot seragam dinas terhadap lima prajurit TNI yang terbukti melakukan pelanggaran dengan menggantinya dengan baju batik.

“Dengan dipecatnya 21 prajurit TNI sudah tidak memiliki hak-haknya seperti kepangkatan, kedinasan dalam militer,” pungkas Tiopan.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Baca Juga

foto: AP

Barca Siapkan Dana Belanja Rp3,7 Triliun

BARCELONA, WOL – Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengisyaratkan akan bakal mendatangkan sejumlah nama besar ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.