Breaking News
Home / Medan / 2020 Pelaku UKM Harus Gunakan Sistem Digital
WOL Photo
WOL Photo

2020 Pelaku UKM Harus Gunakan Sistem Digital

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, diwakili Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan, Emilia Lubis, membuka Lazada UKMGO-Online Roadshow di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan, Rabu (8/11).

Kegiatan ini digelar untuk mendukung dan memajukan industri lokal sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan menggunakan sistem ekonomi digital.

Di hadapan seratusan pelaku UKM,  Emilia mengatakan Lazada UKMGO-Online Roadshow ini digelar semata-mata untuk memajukan UKM di Kota Medan. Sebab, tahun 2020 seluruh pelaku UKM harus sudah menggunakan sistem digital baik dalam memasarkan produk maupun melakukan transaksi jual beli.

“Apabila pelaku UKM tidak menggunakan sistem digital ini, produk mereka tidak akan dikenal secara luas. Untuk itulah kita sangat mengapresiasi digelarnya roadshow. Sebab para pelaku UKM yang mengikuti kegiatan ini akan diajarkan lebih mendalam  bagaimana memanfaatkan marketplace online untuk usaha mereka,” ujar Emilia.

Dalam roadshow ini, Emilia mengaku mengundang sebagian besar pelaku UKM dari sektor kuliner. Sebab, sektor kuliner selama ini yang paling banyak menggunakan sistem digital dalam pemasarannya. Oleh karenanya dia berharap agar para pelaku UKM kuliner dapat memanfaatkan roadshow ini  untuk memajukan sekaligus mengembangkan usaha mereka.

Sadar akan pentingnya menggunakan sistem digital dalam memajukan UKM, Emilia mengaku Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan telah beberapa kali memperkenalkan sistem digital kepada para pelaku UKM. Selain biayanya relatif sangat murah, jangkauan sistem ekonomi digital ini pun sangat luas.

Di samping menggunakan sistem ekonomi digital, Emilia juga berpesan agar para pelaku UKM berupaya supaya produk yang dihasilkan dapat dikemas dengan sebaiknya. Walaupun rasanya kurang, namun masyarakat yang melihat kemasan produknya cukup baik akan tertarik untuk membelinya.

Dengan roadshow yang digelar hasil kerja sama Lazada dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini, Emilia ingin para pelaku UKM yang selama ini menggunakan sistem manual dalam memasarkan produknya, kini diharapkannya dapat beralih menggunakan sistem digital.

Sebelumnya Herlando dari Kementrian Kominfo dalam laporannya mengatakan, salah satu program prioritas utama Kominfo akan berupaya mengajak seluruh pelaku UKM beralih dari sistem manual menjadi sistem digital dalam memasarkan produknya. Untuk itulah Kominfo, bilangnya, melakuka roadshow secara serentak di 13 kota di Indonesia, salah satunya Kota Medan.

“Melalui roadshow yang kita berikan ini, kita berharap agar seluruh pelaku UKM di Kota Medan akan tumbuh dan maju sehingga dapat menjadi penopang ekonomi di Indonesia. Target kita, tahun 2020 seluruh pelaku UKM sudah menggunakan sistem digital. Dengan demikian UKM benar-benar menjadi penopang perekonomian di Indoesia,” ungkap Herlando.

Dalam roadshow ini, Herlando mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Lazada akan memfasilitasi dan membantu para pelaku UKM untuk mengembangkan usaha, sehingga nantinya akan terbentuk titik digital perekonomian yang baru di seluruh Indonesia, termasuk potensi-potensi yang dapat diraih para pelaku UKM.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ilustrasi

Wali Kota Imbau Warga Kibarkan Bendera Besok

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengibarkan bendera ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.