Home / Medan / 2 Terdakwa Pejabat DPM PPTSP Pemprovsu Dituntut 15 Bulan Penjara
WOL Photo/Ilham

2 Terdakwa Pejabat DPM PPTSP Pemprovsu Dituntut 15 Bulan Penjara

MEDAN, WOL – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut dua terdakwa Corneti Sinaga dan Khairri Rozzi Nasution hukuman kurungan penjara selama 1 tahun 3 bulan, didenda Rp50 juta subsider 2 bulan dalam sidang agenda tuntutan pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Senin (12/2).

Adapun keduanya yakni Corneti merupakan Kepala Bidang Pelayanan dan Perizinan Infrastruktur, Ekonomi dan Sosial di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PPTSP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) serta Khairri Rozzi selaku bawahannya.

JPU Eva meyakinkan kedua terdakwa secara sah dan terbukti melakukan tindak pidana korupsi setelah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Polda Sumut.

“Sebagaimana perbuatan kedua terdakwa diatur dalam pidana Pasal 11 Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 31 tahun 1999 Jo Pasal 55 ayat (1) ke (1) KHUPidana,” ucap JPU dari Kejati Sumut di persidangan yang berlangsung di Ruang Cakra IV Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Usai mendengarkan nota tuntutan JPU, kemudian Majelis Hakim Tipikor yang diketaui Nazar Effendi menunda persidangan dan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembelaan terdakwa (pledoi, red).

Perlu diketahui, keduanya terjaring OTT Tim Saber Pungli Polda Sumut karena meminta uang pembayaran terhadap pengurusan izin air bawah tanah kepada pemohon yaitu PT Bilah Plantindo dan PT Pangkatan Indonesia. Dalam peristiwanya, diketahui Corneti memerintahkan kepada Khairri Rozzi untuk meminta uang tersebut untuk selanjutnya diserahkan kepadanya.

Keduanya terjaring pada Kamis (31/8/2017) lalu dan ditetapkan sebagai tersangkan oleh Tim penyidik Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut, Rabu (25/10/2017). (wol/iam/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Entrepreneur Meryl Rouli Jadi Pembicara di Leaderscamp Bandung

MEDAN, Waspada.co.id – Seorang Entrepreneur Muda Medan, Meryl Rouli Saragih, akan ambil bagian pada event ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: