Breaking News
Home / Medan / 2 Pelaku Suap Bupati Batubara Disidang
WOL Photo/Ilham
WOL Photo/Ilham

2 Pelaku Suap Bupati Batubara Disidang

MEDAN, WOL – Dua terdakwa Saiful Azhar dan Marigan Situmorang, pelaku suap Bupati Batubara, Ok Arya Zulkarnain, menjalani sidang agenda dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Kamis (7/12).

Persidangan yang berlangsung di Ruang Cakra I Pengadilan Negeri (PN) Medan, dalam dakwaan penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ikhsan Fernandi Z, menyebutkan dengan berkas terpisah, keduanya didakwa telah melakukan penyuapan untuk mendapatkan proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Batubara.

lebih lanjut dibacakannya, salah satu proyek pekerjaan lanjutan peningkatan Jalan Labuhan Ruku Menuju Mesjid Lama Kecamatan Talawi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun anggaran 2017 dengan nilai Rp3,3 miliar dari nilai Pagu senilai Rp3,4 miliar.

“Keduanya dikenakan Pasal 5 ayat (1) huruf b UU RI No.31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 21 Tahun 2001 dan subsidair Pasal 13 UU RI No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimanaa telah diubah dengan UU RI No.20 Tahun 2001,” ucapnya kepada majelis hakim yang diketuai, Wahyu Prasetyo Wibowo.

Selanjutnya, majelis hakim pun menutup persidangan dan akan dilanjutan pada pekan depan. Saat ditanyai lebih lanjut usai persidangan, Ikhsan menjelaskan bahwa dalam kasus ini Syaiful menyerahkan uang kepada Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain sebesar Rp400 juta melalui Kadis PUPR Kabupaten Batubara, Helman Herdady.

Sementara itu, Marigan Situmorang yang mendapatkan dua proyek di Dinas PUPR menyerahkan uang sebesar Rp3,7 miliar dalam tiga tahapan kepada OK Arya melalui perantara pengusaha showroom Sujendi Tarsono alias Ayen.

“Pada tahap pertama dan kedua, Marigan memberikan cek senilai Rp1,5 miliar dan tahap ketiga transfer uang Rp700 juta kepada Ayen yang merupakan teman dekat Ok Arya Zulkarnain,” katanya.

Perlu diketahui, pada kasus ini sebelum penyerahan uang ada beberapa kali pertemuan di sejumlah kawasan di kota Medan, diantaranya Hotel Grand Kanaya, Pitstop Jalan Setia Budi, dan Kafe Tremon Lippo Plaza Medan.

Ketiga terdakwa lainnya, Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain, Kadis PUPR Kabupaten Batubara, Helman Herdady, dan pengusaha showroom Sujendi Tarsono alias Ayen dijadwalkan sidang pada awal bulan 2018.(wol/iam/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Lihavez

Polisi Tangkap Perampok dan Pemerkosa Karyawan Toko Roti

MEDAN, WOL – Tim Reskrim Polsek Kutalimbaru meringkus pelaku perampokan dan pemerkosaan terhadap Yanti Kumala ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.