Home / Medan / 2 Bulan Warga Tembung Nantikan Layanan Terbaik PDAM Tirtanadi
WOL Photo

2 Bulan Warga Tembung Nantikan Layanan Terbaik PDAM Tirtanadi

MEDAN, WOL – Warga yang bermukim di Jalan Pukat Banting I Lingkungan 4 dan 14 Kelurahan Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung, Kamis (18/1) kemarin, mendatangi gedung DPRD Medan untuk meminta perlindungan para wakil rakyat atas buruknya layanan PDAM Tirtanadi dalam hal pelayanan.

Seorang perwakilan warga, Acen, mengaku kesulitan mendapatkan air bersih dua bulan belakangan ini, lantaran macatnya distribusi air PDAM Tirtanadi.

“Selama 2 bulan ini, warga lebih sering tidak mandi karena nggak ada air bersih. Kalaupun ada, yang mandi harus membeli air isi ulang dengan harga Rp3 ribu sampai Rp5 ribu per galon” ungkapnya kepada Wakil Ketua Komisi D DPRD Medan, Maruli Tua Tarigan.

Acen menambahkan, meskipun air PDAM Tirtanadi tidak mengalir ke rumah mereka, pelanggan tetap dikenakan biaya Rp150 ribu hingga Rp200 ribu setiap bulannya. Saat hal itu diprotes ke pihak PDAM Tirtanadi, dengan entengnya menyebutkan kalau tidak mau kena biaya, jangan buka keran karena anginnya pun bisa meningkatkan meteran.

“Untuk itu kami berharap agar anggota DPRD Medan dapat memfasilitasi keluhan kami ini. Karena kondisi ini sudah berjalan 2 bulan,” sebut pria yang mewakil 100 KK yang tinggal di daerah tersebut.

Menanggapi keluhan itu, Maruli berjanji akan menghubungi pihak PDAM Tirtanadi agar permasalahan warga dapat terselesaikan. Terkait air tidak jalan namun warga tetap dikenakan tarif, politisi Nasdem itu menegaskan, hal itu sudah tidak benar lagi. Harusnya pihak PDAM Tirtanadi segera mencari solusi bagi pelanggan yang tidak mendapatkan air selama 2 bulan, bukannya menagih iuran pelanggan.

“Beberapa hari ini akan kita tindaklanjuti masalah ini ke PDAM Tirtanadi,” terangnya.

Lebih lanjut Maruli menjelaskan bahwa pihaknya (DPRD Medan, red) pernah menyarankan agar pengelolaan air bersih milik PDAM Turtanadi diserahkan kepada Pemko Medan. Di mana hampir 80 persen pengguna jasa air bersih ini merupakan warga Kota Medan. Akan tetapi hingga saat ini hal itu belum terwujud.

“Cuma Kota Medan di Indonesia ini yang tidak memiliki perusahaan daerah yang menangani air bersih,” ketusnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gantikan Sekda Syaiful Bahri, Wirya Ngaku Fokus Jalankan RPJMD

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Wirya Alrahman, mengaku akan menjalankan program kerja ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: