Home / Medan / 2.407 Calhaj Asal Medan Diberangkatkan
WOL Photo

2.407 Calhaj Asal Medan Diberangkatkan

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menepungtawari sebanyak 2.407 orang calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (18/7).

Acara ini digelar sebagai bentuk syukuran yang dilaksanakan untuk memberikan doa restu kepada para calhaj semoga segala rintangan dan cobaan yang dihadapi selama menunaikans leuruh rukun ibadah jaji di Tanah Suci. Di samping itu juga untuk menguatkan iman calhaj agar mereka menjadi hamba yang semakin dicintai Allah SWT.

Tepung tawar dilakukan Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung diwakili Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, Kajari Medan, Olopan Nainggolan, Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis, Kepala Kantor Kemenag Kota Medan, H Al Ahyu MA serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan lainnya.

“Saya berharap kepada seluruh calhaj nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan fokus serta selalu menebarkan kebaikan kepada sesama. Sebagai tamu Allah SWT yang paling mulia, kiranya para calhaj dapat menjaga larangan yang tidak diboleh dilakukan selama menunaikan ibadah haji. Insha Allah nantinya akan menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi dan selalu melaksanakan segala perintah-Nya,” ujar Wali Kota.

Selanjutnya, Wali Kota mendoakan agar para calhaj selalu dipermudah segala urusan dan diberikan kelancaran selama perjalanan maupun ketika melaksanakan seluruh rukun ibadah haji. Wali Kota berpesan agar tidak lupa mendoakan Kota Medan agar tetap aman dan kondusif serta terhindar dari segala bentuk bencana. “Semoga nantinya kembali ke Tanah Air dengan selamat dan menjadi lebih baik lagi serta dapat menjadi inspirasi bagikita semua,” harapnya.

Agar para calhaj tenang dan khusyuk selama melaksanakan ibadah haji, Wali kota memerintahkan kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan (kepling) untuk menjaga rumah beserta keluarga yang ditinggalkan. Untuk itu sebelum bertolak menuju Tanah Suci, para calhaj diingatkan agar melapor dan menitipkan rumah beserta keluarganya kepada camatnya masing-masing.

“Hal ini dilakukan dalam upaya untuk meringankan beban bapak maupun ibu selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Dengan demikian ibadah haji yang dilaksanakan berjalan lancar tanpa terkendala sedikit pun. Semoga bapak dan ibu nantinya menjadi haji yang mabrur dan maghfur,” ungkapnya.

Usai memberikan arahan, Wali Kota langsung mendatangi tempat duduk para calhaj bersama Wakil Wali Kota unsur Forkopimda Kota melakukan tepung tawar. Sambi tepung tawar, Wali Kota tak lupa berpesan agar para calhaj tidak hanya melaksanakan ibadah yang wajib saja melainkan juga yang sunnah guna meningkatkan keimanan sekaligus wujud dari rasa syukur dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Selain tepung tawar, Wali Kota juga memberikan cindera mata kepada seluruh calhaj. Penyerahan cindera mata dilakukan secara simbolis kepada tiga orang calhaj tertua mewakili seluruh calhaj yang akan berangkat menunaikan Rukun Islam kelima tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan Al Ustadz H Hasbi Al Mwardi SAg MA.

Sebelumnya, Kabag Agama Setdakot Medan Adlan dalam laporannya memaparkan, selain mendoakan agar seluruh calhaj asal Kota Medan diberi kekuatan dan kesehatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dnegan baik, tepung tawar sekaligus pemberangkatan calhaj dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara Pemko Medan dan seluruh calhaj yang berjumlah 2.407 orang.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Terkait Jembatan Titi II Sicanang, “Hanya Keledai Mau Jatuh di Lubang Sama”

MEDAN, Waspada.co.id – Tokoh masyarakat Medan Utara, Landen Marbun, menegaskan dari awal sudah meragukan kualitas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: