Breaking News
Home / Medan / 2.000 Buruh Sampaikan Aspirasi di Gelanggang Remaja
WOL Photo
WOL Photo

2.000 Buruh Sampaikan Aspirasi di Gelanggang Remaja

MEDAN, WOL – Sekitar 2.000 Gabungan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Indonesia (GAPSI) Kota Medan memadati Gelanggang Remaja di Jalan Sutomo, pada Peringatan May Day, Senin (1/5). Kedatangan ribuan buruh itu, akan menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah Kota Medan.

Pantauan Waspada Online di lokasi, dalam peringatan Hari Buruh Internasional turut dihadiri Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin beserta unsur SKPD, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herquanto, dalam seluruh perwakilan buruh se Kota Medan.

Pada perayaan May Day kali ada beberapa tuntutan dan sikap yang disampaikan buruh kepada Pemerintah Kota Medan, yakni mencabut Peraturan Pemerintah No.78 tahun 2015 tentang pengupahan, tertibkan sistem kerja harian lepas, kontrak, borongan, dan outsourching.

Selain, kaum buruh dan pekerja juga meminta kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kota Medan untuk mencabut gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Kota Medan terkait UMK dan UMSK Kota Medan. Bahkah mereka mendesak Pemko Medan untuk membuat Peraturan Daerah (PERDA) Kota Medan mengenai pengupahan dan tegakkan hukum ketenagakerjaan Kota Medan.

“May Day merupakan tonggak sejarah perjuagan buruh/pekerja. May Day juga merupakan simbol kemenangan bagi kelas buruh dalam upaya menggapai kesejahteraan dengan sistem dan kondisi kerja yang lebih layak dan bermartabat,” ungkap salah seorang perwakilan buruh Kota Medan, Usaha Tarigan SH, saat ditemui Waspada Online.

Menurutnya, Pemerintah Kota Medan belum memberikan kontribusi dan memikirkan nasib buruh ke arah yang lebih baik. Sebab masih adanya beberapa pekerja yang mendapatkan upah di bawah UMK Kota Medan dan masih ditemukan pekerja dengan sistem kontrak.

“Oleh karena itu, melalui aspirasi yang disampaikan pada Peringatan May Day yang diselenggarakan di Gelanggang Remaja, Pemko Medan lebih memperihatikan nasib pekerja sehingga mendapatkan hidup yang lebih layak dan sejahtera,” pungkas Ketua FSB KIKES Kota Medan tersebut.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

foto: billboard

Ed Sheeran Sampaikan Maaf pada Fans Indonesia

JAKARTA, WOL – Gagal berkunjung dan konser di Indonesia, Ed Sheeran rupanya tidak diam saja. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.