Home / Fokus Redaksi / 18 Pejabat Pemprovsu Diperiksa KPK di Brimob
Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Ibnu Sri Hutomo. (WOL Photo)

18 Pejabat Pemprovsu Diperiksa KPK di Brimob

MEDAN, WOL – Selain 46 mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014, ada 18 pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Markas Brimob Polda Sumut sejak Senin (29/1) lalu.

Diantara pejabat Pemprovsu yang diperiksa KPK di Mako Brimob yakni, mantan Sekda Sumut Hasban Ritonga, Kadis Kehutanan Halen Purba, Kadis Perhubungan Sumut Antoni Siahaan dan mantan Sekwan Sumut Randiman Tarigan.

Informasi di Mako Brimob menyebutkan Hasban Ritonga dan Halen Purba diperiksa KPK, Senin (29/1), Kadis Perhubungan Sumut Antoni Siahaan diperiksa KPK pada Rabu (31/1) sementara Randiman Tarigan diperiksa KPK, Kamis (1/2) hari ini.

“Ya benar ada 18 orang yang diperiksa, tapi nama-namanya tanya ke KPK saja, ” ujar Plt Sekdaprovsu, Ibnu Sri Hutomo, kepada Waspada Online melalui sambungan teleponnya, Kamis (1/2).

Sementara itu salah seorang SKPD yang juga diundang KPK untuk menjalani pemeriksaan KPK di Mako Brimobdasu  merasa heran kenapa ada pemeriksaan KPK lagi.

“Waktu itu kan kami sudah diperiksa KPK di Mako Brimob, dan kami telah memberikan keterangan. Tapi kenapa ada pemeriksaan KPK lagi ya,” ujar pejabat yang tak mau disebut namanya tersebut.

Informasi dari sumber Waspada Online, dalam waktu dekat ini KPK akan menetapkan sembilan tersangka lagi kasus uang ketok DPRD Sumut.

“Ada sembilan lagi yang akan dijadikan tersangka oleh KPK, makanya ada pemeriksaan yang dilakukan KPK lagi terhadap anggota dewan di Brimob,” ujar sumber tersebut.

Kasus uang ketok DPRD Sumut menyeret para anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 dan 2014 -2019, para pejabat Pemprovsu sebagai terperiksa dan KPK  juga telah memenjarakan para pimpinan DPRD Sumut yang kemudian menjadi terpidana.

Selain itu, Gotot Pujo Nugroho yang menjadi Gubernur Sumut saat itu, juga merasakan penjara KPK dan divonis bersalah dalam kasus uang ketok DPRD Sumut tersebut.(wol/rdn)

Editor: SASTROY BANGUN

tags:

NB: cari foto Plt Sekdaprovsu, Ibnu Sri Hutomo

Check Also

KPK Tangkap Bos Lippo, Konsumen Meikarta Panik

JAKARTA, Waspada,co.id – Terkait dengan Kabar Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK) terhadap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: